PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS V SDN I DURIAN PAYUNG

Arbi, Setiawan (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS V SDN I DURIAN PAYUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ARBI-2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat, yang diantaranya dapat dilihat dari kurang mampunya siswa untuk menyampaikan pendapatnya. Maka dari itu peneliti menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran PPKn perlunya menggunakan strategi pembelajaran yang dapat membuat siswa mampu untuk mengemukakan pendapatnya. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh strategi debat aktif untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat peserta didik pada mata pelajaran PPKn Kelas V SDN I Durian Payung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dan jenis eksperimennya yaitu Quasi Eksperiment. Jenis penelitian ini dengan cara yang digunakan menggunakan postest di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Durian Payung dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik Random Sampling. Pengambilan sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelompok kelas diantaranya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana kelas eksperimen tersebut adalah kelas VA dan untuk kelas kontrol adalah kelas VB. Dengan teknik pengambilan data menggunakan tes. Tes berupa soal essai dengan jenis soal berdasarkan pada materi yang ada pada mata pelajaran PPKn. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat dikatakan bahwa metode eksperimen dalam perhitungan Uji- t, didapatkan nilai sig 0,123 maka jika nilai Sig 0,05 (5%) pada Sig (2-tailed) maka Ho ditolak dan HI diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan bahwa strategi pembelajaran debat aktif ini berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar PPKn pada peserta didik kelas V SDN I Durian Payung Kata Kunci : Strategi Debat Aktif, Kemampuan Mengemukakan Pendapat iii ABSTRACT The problem in this research is based on the low ability of students to express opinions, which can be seen from the lack of ability of students to express their opinions. Therefore, the researcher concluded that in PPKn learning it is necessary to use learning strategies that can enable students to express their opinions. The aim of this research is to determine the influence of active debate strategies to improve students' ability to express opinions in Class V Civics subjects at SDN I Durian Payung. This research is quantitative experimental research and the type of experiment is Quasi Experimental. This type of research uses a posttest in the experimental class and control class. This research was carried out at SDN 1 Durian Payung using a sampling technique, namely the Random Sampling technique. The sampling in this study consisted of two class groups including the experimental class and the control class. Where the experimental class is class VA and the control class is class VB. With data collection techniques using tests. The test is in the form of essay questions with the types of questions based on the material in Civics subjects. Based on the results of data analysis, it can be said that the experimental method in calculating the t�test, obtained a sig value of 0.123, so if the Sig value is 0.05 (5%) in Sig (2-tailed) then Ho is rejected and HI is accepted. It can be concluded that there is a significant influence that this active debate learning strategy has an effect on improving PPKn learning outcomes for class V students at SDN I Durian Payung Keywords: Active Debate Strategy, Ability to Express Opinions

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Mar 2024 06:38
Last Modified: 06 Mar 2024 07:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32651

Actions (login required)

View Item View Item