ETIKA KOMUNIKASI NETIZEN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PANDANGAN ISLAM (Studi Pada Postingan akun Instagram @denisechariesta91)

Bima, Pranico Ara Rizky (2024) ETIKA KOMUNIKASI NETIZEN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PANDANGAN ISLAM (Studi Pada Postingan akun Instagram @denisechariesta91). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI BIMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi yang pesat di bidang komunikasi menciptakan beragam inovasi, gagasan dan ide yang bertujuan untuk memudahkan dalam berkomunikasi. Namun penggunaan media sosial di masyarakat akhir-akhir ini sangat memprihatinkan, terutama dikalangan remaja. Media sosial yang seharusnya digunakan sebagai sarana interaksi dan sosialisasi agar silaturahmi tetap terjaga kini disalahgunakan sebagai ajang pamer harta, kemesraan, pamer beribadah agar dianggap alim, pamer bersedekah agar dianggap dermawan, menyebarkan berita-berita bohong, fitnah, ujaran kebencian, serta perbuatan maksiat lainnya. Oleh sebab itu, pengguna media sosial perlu mengetahui dan menerapkan etika dalam berkomunikasi, agar komunikasi dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan menekankan analisisnya pada proses penyimpulan komparasi serta pada analisis terhadap dinamika hubungan fenomena yang diamati dengan menggunakan logika ilmiah. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat menjadi gambaran bagaimana seharusnya etika komunikasi netizen di media sosial yang sesuai dalam pandangan Islam. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa etika komunikasi menggunakan media sosial Instagram sangat diperlukan hal ini dapat meminimalisir pengaruh negartif yang ditimbulkan. Setiap netizen atau pengguna akun seharusnya mampu memilih mana komentar yang dapat dipublikasikan di publik. Merujuk pada pandangan Islam terdapat 5 aturan etika komunikasi, yaitu terdiri dari pahala dan dosa, kejujuran, berkata positif, saling mempengaruhi, Kesadaran dalam pengawasan Allah swt. Apabila 5 aturan ini diterapkan dengan baik oleh netizen dan masyarakat secara umum dalam berkomunikasi, maka proses komunikasi yang dilakukan akan berjalan dengan baik dan sesuai dengan ajara Islam. Kata Kunci : Etika, Komunikasi, Media Sosial iv ABSTRACT Rapid technological developments in the field of communication have created various innovations, concepts and ideas aimed at making communication easier. However, the use of social media in society lately is very worrying, especially among teenagers. Social media, which should be used as a means of interaction and socialization so that relationships are maintained, is now being misused as a place to show off one's wealth, affection, show off one's worship to be considered pious, show off one's charity to be considered generous, spread fake news, slander, hate speech, and other immoral acts. . Therefore, social media users need to know and apply ethics in communicating, so that communication can run well. This research uses a qualitative approach, namely by emphasizing the analysis on the comparative inference process as well as on the analysis of the dynamics of the relationships between the phenomena observed using scientific logic. It is hoped that the benefits of this research will be an illustration of what netizen communication ethics on social media should be in accordance with Islamic views. The results of this research show that communication ethics using the social media Instagram is very necessary, this can minimize the negative influences that arise. Every netizen or account user should be able to choose which comments can be published publicly. Referring to the Islamic view, there are 5 rules of communication ethics, namely consisting of rewards and sins, honesty, positive words, mutual influence, awareness under the supervision of Allah SWT. If these 5 rules are implemented well by netizens and society in general when communicating, then the communication process will run well and be in accordance with Islamic teachings. Keywords: Ethics, Communication, Social Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Mar 2024 04:01
Last Modified: 06 Mar 2024 09:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32647

Actions (login required)

View Item View Item