PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP LITERASI LINGKUNGAN SISWA KELAS X SMA

Mar’atus, Sholehah (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP LITERASI LINGKUNGAN SISWA KELAS X SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of MAR’ATUS SHOLEHAH BAB 1&5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of MAR’ATUS SHOLEHAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi lingkungan peserta didik. Salah satu upaya untuk mengembangkan literasi lingkungan sejak dini dapat dilakukan melalui pembelajaran formal disekolah. Agar pengetahuan lingkungan memiliki kontribusi yang besar, maka kondisi tersebut sangat bergantung dalam situasi penyampaian materi sehingga pendidik dapat menggunakan metode pembelajaran yang lebih bervariasi dalam menyampaikan materi terkait isu-isu lingkungan dengan tujuan peserta didik tidak jenuh dan bosan menerima materi yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning terhadap Literasi Lingkungan Siswa Kelas X di SMAS TMI Roudlatul Qur‘an Metro. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ekperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling dan diperoleh kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes dan angket sikap dan perilaku terhadap lingkungan, yang sebelum nya telah diuji coba untuk mengetahui uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda sehingga instrumen tersebut dapat digunakan. Uji hipotesis penelitian menggunakan Independent Sample T-Test, dengan taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat diartikan H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya bahwa terdapat pengaruh penerapan Metode Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Literasi Lingkungan Siswa Kelas X SMA. Kata kunci : Outdoor Learning, Literasi Lingkungan, Sikap, Perilaku, Peserta didik. iii ABSTRACT This research was motivated by the low environmental literacy of students. One of the efforts to develop environmental literacy from an early age can be done through formal learning at school. In order for environmental knowledge to have a large contribution, these conditions are very dependent on the situation of delivering material so that educators can use more varied learning methods in delivering material related to environmental issues with the aim that students are not saturated and bored of receiving the material provided. This study aims to determine the influence of Outdoor Learning Learning Method on Environmental Literacy of Class X Students at SMAS TMI Roudlatul Qur'an Metro. The research method used is experimental method with Pretest�Posttest Control Group Design research design. The sampling technique uses Cluster Random Sampling and obtained class X1 as the experimental class and X2 as the control class. The instruments used are test questions and questionnaires of attitudes and behaviors towards the environment, which have previously been tested to determine validity tests, reliability tests, difficulty levels and differentiating power so that these instruments can be used. Test the research hypothesis using the Independent Sample T�Test, with a significance level of 5%. The calculation results obtained a significance value of 0.000 < 0.05 so that it can be interpreted that H0 is rejected and H1 is accepted, which means that there is an influence of the application of Outdoor Learning Learning Methods on the environmental literacy of grade X high school students. Keywords: Outdoor Learning, Environmental Literacy, Attitude, Behavior, Students

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Mar 2024 02:58
Last Modified: 06 Mar 2024 07:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32638

Actions (login required)

View Item View Item