IMPLEMENTASI KEGIATAN MUHADARAH DALAM MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN DINIYYAH PUTRI LAMPUNG

Maylia, Khairunnisa Baher (2024) IMPLEMENTASI KEGIATAN MUHADARAH DALAM MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN DINIYYAH PUTRI LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan muhadharah diterapkan di Pondok Pesantren Diniyyah Putri Lampung dimana dalam kegiatannya mengenai bagaimana cara memiliki sikap percaya diri ketika berbicara di depan umum di lingkungan pendidikan ataupun di masyarakat, yang nantinya akan menjadi bekal dan di terapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam pembiasaan pidato, model peran, dukungan dan lain sebagainya. Dari cara menampilkan pidato, bukan hanya berpidato dengan cara melihat teks dari awal hinggal akhir, akan tetapi disini seseorang peserta didik harus mampu menampilkan pidato semaksimal mungkin dan dalam penyampaiannya menggunakan metode menghafal sesuai dengan kemampuan masing-masing. Adapun proses kegiatan muhadharah diantaranya adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Jadi kegiatan akan maksimal jika dari ketiga proses tersebut sudah terlaksana. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif dan jenis penelitian lapangan field research. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Diniyyah Putri Lampung mulai dari bulan September-November 2023. Informan penelitian adalah pengurus, pembina muhadharah dan santri yang bertugas pada kegiatan muhadharah di Pondok Pesantren Diniyyah Putri Lampung. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang dipakai adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode induktif meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) dalam perencanaannya, Pembina muhadharah membagi kelompok/club muhadharah, membagi tugas kepada santriwati setiap minggunya, santriwati memilih topik atau tema yang sesuai untuk ditampilkan, iii selanjutnya teks pidato akan dikoreksi oleh pengurus muhadharah, santriwati melakukan latihan sebelum tampil minimal 3 kali dan yang tidak bertugas akan mendekorasi tempat untuk pelaksanaan muhadharah 2) dalam pelaksanaan, terdapat penyampaian pidato, metode dalam muhadharah dan media dalam muhadharah, santriwati yang ditunjuk sebagai peserta muhadharah menampilkan latihan pidato di depan teman-temannya diberikan waktu minimal 7 menit maksimal 10 menit, dengan menggunakan metode menghafal dan media berbasis manusia dan berbasis cetak seperti buku, pena, buku pidato. 3) dalam evaluasi, pembina mengevaluasi santriwati 3 kali yaitu setiap satu minggu sekali setelah selesai kegiatan, setiap sebulan sekali dinamakan kuliah subuh dan mengevaluasi setiap persemester dengan nama Zone Competition Of Muhadharah, dengan harapan pembina muhadharah ketika peserta didik sudah keluar dari lembaga madrasah, benar-benar bisa mempraktekkan apa yang sudah dipelajari. Kata Kunci : Kegiatan Muhadharah, Self Confidence,Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Mar 2024 07:52
Last Modified: 05 Mar 2024 07:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32633

Actions (login required)

View Item View Item