PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BIOLOGI DI KELAS XI SMAN 1 WAY SERDANG

Puji, Lestari (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BIOLOGI DI KELAS XI SMAN 1 WAY SERDANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI PUJI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN HOTS ( HIGHER ORDER THINKING SKILLS) DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BIOLOGI DI KELAS XI SMAN 1 WAY SERDANG Oleh : PUJI LESTARI Pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan model konvensional yang artinya pembelajaran masih berpusat pada pendidik khususnya pada pelajaran biologi. Akibatnya motivasi belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa tidak optimal. Flipped Classroom menggunakan teknologi untuk mendukung materi pembelajaran yang dapat diakses kapan saja, di mana saja, sementara siswa menggunakan waktu kelas untuk berkolaborasi dengan teman , melatih keterampilan, dan menerima umpan balik tentang kemajuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Hots ( Higher Order Thinking Skills) dan Motivasi Belajar Siswa Biologi Di Kelas XI Sman 1 Way Serdang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA N 1 Way serdang. Sampel dari penelitian ini diambil dari populasi kelas XI MIPA yang terbagi menjadi dua kelas yang masing-masing berjumlah 31 siswa, dengan mengunakan Cluster Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Kolmogorof�Smirnov dan uji homogenitas dengan uji Levene Statistics. Dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan uji-t. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil uji-t membuktikan bahwa hasil signifikasni 0.000 < 0.05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Hots ( Higher Order Thinking Skills) dan Motivasi Belajar Siswa Biologi Di Kelas Xi SMAN 1 Way Serdang. Kata Kunci— Flipped Classroom, HOTS ( Higher Order Thinking Skills), Motivasi Belajar iv ABSTRACT INFLUENCE OF THE FLIPPED CLASSROOM LEARNING MODEL ON HOTS ABILITIES (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) AND LEARNING MOTIVATION OF BIOLOGY STUDENTS IN CLASS XI SMAN 1 WAY SERDANG By: PUJI LESTARI The learning carried out still uses the conventional model, which means that learning is still centered on educators, especially in biology lessons. As a result, students' learning motivation and high�level thinking abilities (HOTS) are not optimal. Flipped Classroom uses technology to support learning materials that can be accessed anytime, anywhere, while students use class time to collaborate with peers, practice skills, and receive feedback on student progress. This research aims to determine the influence of the Flipped Classroom Learning Model on Hots Abilities (Higher Order Thinking Skills) and Learning Motivation of Biology Students in Class Xi Sman 1 Way Serdang. The approach used in this research is quantitative with this type of research being quasi-experimental. The population in this study were all students in class XI MIPA at SMA N 1 Way Serdang. The sample for this research was taken from the population of class XI MIPA which was divided into two classes, each with 31 students, using Cluster Random. The data analysis technique uses a normality test with the Kolmogorof-Smirnov test and a homogeneity test with the Levene Statistics test. Followed by testing the hypothesis with the t�test. Based on the research that has been carried out, the results of the t-test prove that the significance result is 0.000 < 0.05, so Ho is rejected and H1 is accepted. This shows that there is an influence of the Flipped Classroom Learning Model on Ability Keywords: Flipped Classroom, Hots ( Higher Order Thinking Skills), Learning Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Mar 2024 07:07
Last Modified: 05 Mar 2024 08:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32631

Actions (login required)

View Item View Item