DESAIN GRAFIS SEBAGAI MEDIA DAKWAH KARYA UKM-F RUMAH FILM KPI UIN RADEN INTAN LAMPUNG

MOHAMMAD, AFIEF ESYARITO (2024) DESAIN GRAFIS SEBAGAI MEDIA DAKWAH KARYA UKM-F RUMAH FILM KPI UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of pusat 1 2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK M AFIF.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Desain grafis berasal dari kegiatan seni rupa (fine art) khususnya pada seni cetak (grafis) yang pada saat itu sudah menggunakan teknik cetak batu (lithography). Dengan banyaknya media yang ada, maka seorang Da‟i harus memilih media yang paling efektif untuk mencapai tujuan dakwah. Desain grafis menjadi contoh media dakwah yang dapat digunakan oleh seorang Da‟i. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain grafis sebagai media dakwah karya UKM-F Rumah Film KPI dan untuk mengetahui desain grafis sebagai media dakwah dalam meningkatkan aqidah dan akhlak di UKM-F Rumah Film KPI. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian campuran (mixed method) yaitu pengombinasian dua metode (kualitatif dan kuantitatif) dengan penekanan pada metode kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan mendapatkan sumber 4 informan dari divisi media dan info UKM F-Rumah Film KPI. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa desain grafis digunakan oleh UKM-F Rumah Film KPI sebagai media dakwah yang terlihat dari karya-karya desain grafis yang terdiri dari beberapa tema yaitu harus memiliki sifat yang sabar dan tabah berperilaku yang amanah dan mengucapkan salam terhadap orang tua, menengok orang yang sedang sakit, dan memiliki adab bergaul terhadap teman dalam kehidupan sehari�hari. Kesimpulan dalam penelitian ini, yaitu untuk meningkatkan akidah dan akhlak harus memperhatikan dalam pembuatan desain grafis agar tetap sesuai dengan aqidah Islam dan tidak menjalur pada unsur sara. Dalam desain grafis memiliki komponen-komponen penting antara lain yaitu titik, garis, bentuk, kurfa, warna, tekstur. Desain grafis yang dibuat oleh UKM-F Rumah Film KPI yang terbagi dari beberapa tema tersebut yang bertujuan untuk meningkatkan akidah dan akhlak dalam tema akidah yaitu bahaya kesirikan, tawakal terhadap pencipta, perhitungan amal baik dan buruk. Dengan tema akhlak yakni sifat sabar dan tabah, mengucapkan salam, adab menjenguk orang sakit, adab terhadap teman, indahnya berperilaku amanah, adab kepada guru / dosen, berbuat adil, keutamaan membayar hutang. Kata Kunci: Desain Grafis, Media Dakwah, Akidah dan Akhlak, UKM -F Rumah Film KPI iii ABSTRACT Graphic design originates from fine art activities, especially graphic art, which at that time used stone printing techniques (lithography). With so many media available, a Da'i must choose the most effective media to achieve the goal of da'wah. Graphic design is an example of a da'wah media that can be used by a Da'i. This research aims to find out graphic design as a medium for da'wah by UKM-F Rumah Film KPI and to find out graphic design as a medium for da'wah in improving aqidah and morals at UKM-F Rumah Film KPI. This research is field research and is descriptive qualitative in nature. Researchers in this study used a mixed research methodology, namely a combination of two methods (qualitative and quantitative) with an emphasis on qualitative methods. The method used in this research is the case study method. The data collection techniques used in this research are observation, in-depth interviews, and documentation. The subjects of this research used a purposive sampling technique and obtained sources from 4 informants from the media and info division of UKM F-Rumah Film KPI. The results of this research show that graphic design is used by UKM-F Rumah Film KPI as a propaganda medium which can be seen from the graphic design works which consist of several themes, namely having to have a patient and steadfast nature, behaving in a trustworthy manner and saying hello to parents, visiting people who are sick, and have manners in getting along with friends in everyday life. The conclusion of this research is that to improve faith and morals, you must pay attention to making graphic designs so that they remain in accordance with Islamic aqeedah and do not lead to religious elements. Graphic design has important components, including points, lines, shapes, curves, colors, textures. The graphic design created by UKM-F Rumah Film KPI is divided into several themes which aim to improve belief and morals in the theme of belief, namely the danger of jealousy, trust in the creator, calculation of good and bad deeds. With the theme of morals, namely patience and steadfastness, saying hello, etiquette for visiting sick people, etiquette towards friends, the beauty of trusting behavior, etiquette towards teachers/lecturers, doing justice, the priority of paying debts. Keywords: Graphic Design, Da'wah Media, Faith and Morals, UKM -F Rumah FILM KPI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Mar 2024 04:33
Last Modified: 05 Mar 2024 04:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32621

Actions (login required)

View Item View Item