PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK IPA BERBANTUAN APLIKASI FLIP BUILDER PADA MATERI SUMBER ENERGI KELAS IV SD/MI

AMINAH, ATIKA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK IPA BERBANTUAN APLIKASI FLIP BUILDER PADA MATERI SUMBER ENERGI KELAS IV SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI AMINAH ATIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan masalah yaitu bahwasanya pada kegiatan pembelajan IPA yang dilakukan oleh pendidik masih kurang bervariatif dari segi media, Sedangkan pada materi sumber energi, pada saat pembelajaran berlangsung pendidik hanya berpatokan pada buku ajar kurang dalam menggunakan media, pendidik hanya terpaku pada media gambar yang ada dalam buku ajar, dan melihat benda-benda disekitar lingkungan sekolah saja. Akan tetapi media tersebut sangatlah terbatas, sehingga menjadi suatu kendala dikarenakan setiap peserta didik tidak terlalu memahami nya jika hanya berpatokan pada media tersebut. Media yang digunakanpun kurang menarik dan kurang menyenangkan, sehingga membuat peserta didik kurang antusias dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket validasi ahli materi, ahli bahasa dan ahli media serta respon pendidik dan peserta didik. Validasi kelayakan dilakukan dengan dua ahli media, dua ahli bahasa, dua ahli materi dan dua pendidik. Uji lapangan terdiri dari uji skala kecil dengan 12 peserta didik dan uji skala besar 22 peserta didik. Penelitian ini dilakukan di 2 sekolah MIN 9 Bandar Lampung & SDN 2 Harapan Jaya Sukarame Bandar Lampung. Berdasarkan tahapan-tahapan tersebut makadapat disimpulkan bahwa pengembangan mediae-komik IPA berbantuan aplikasi flip builder pada materi sumber energi memperoleh nilai rata-rata a ahli media 78%, ahli bahasa 84%, ahli materi 86 % dan rata-rata pendidik 94%. Sedangkan penilaian peserta didik pada tahap uji skala kecil 94% dan uji skala besar 93%. hal ini menunjukkan pengembangan mediae-komik IPA berbantuan aplikasi flip builder pada materi sumber energi layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Media Pembelajaran, E-Komik, IPA. iii ABSTRACT This research is based on the problem, namely that the science learning activities carried out by educators are still lacking in variety in terms of media. Meanwhile, in terms of energy sources, when learning takes place, educators only rely on textbooks and use less media, educators only focus on image media. those in textbooks, and just looking at objects around the school environment. However, this media is very limited, so it becomes an obstacle because every student does not really understand it if they only rely on that media. The media used is less interesting and less enjoyable, thus making students less enthusiastic about learning. The research method used is 4D which consists of the definition stage, design stage, development stage and disseminate stage. Data collection techniques in this research used validation questionnaires from material experts, language experts and media experts as well as responses from educators and students. Feasibility validation was carried out with two media experts, two language experts, two material experts and two educators. The field test consists of a small scale test with 12 students and a large scale test with 22 students. This research was conducted at 2 schools MIN 9 Bandar Lampung & SDN 2 Harapan Jaya Sukarame Bandar Lampung. Based on these stages, it can be concluded that the development of science comic media with the help of the flip builder application on energy source materials received an average score of 78% for media experts, 84% for language experts, 86% for material experts and 94% for educators on average. Meanwhile, students' assessment at the small-scale test stage was 94% and the large-scale test was 93%. This shows that the development of science comic media with the help of the flip builder application on energy source materials is suitable for use in the learning process. Keywords: Learning Media, E-Comics, Science.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Mar 2024 03:52
Last Modified: 05 Mar 2024 04:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32618

Actions (login required)

View Item View Item