IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 5 TAHUN 2015 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Kelurahan Kangkung Gudang Lelang

SRI, RAHAYU WANTIKA (2024) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 5 TAHUN 2015 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Kelurahan Kangkung Gudang Lelang. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SRI RAHAYU WANTIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kebersihan adalah keadaan yang bebas dari kotoran dan sampah. Sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia atau proses alam yang berbentuk padat dan terdapat berbagai macam jenis. Sampah harus di kelola dengan baik oleh masyrakat dan pemerintah. Berdasarkan Perda Kota Bandar Lampung No 5 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah dalam Pasal 32 dan Pasal 33 yaitu setiap kelurahan seharusnya mempunyai Pengelola sampah, Kelurahan beserta perangkat lingkungan setempat mempunyai fungsi memfasilitasi apa yang di perlukan masyarakat terkait pengelolaan dan pembuangan sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dari Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung No 5 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah dan juga bagaimana perspektif fiqh siyasah terkhusus siyasah tanfidziyah dalam pengimplementasian Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung No 5 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah dalam peran masyarakat dan pemerintah sekitar. Penelitian ini meneliti tentang Implementasi Perda Kota Bandar Lampung No 5 Tahun 2015 serta perspeltif Fiqh Siyasah, penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) dengan sifat penelitian deskriptif. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori Siyasah Tanfidziyah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian datanya di analisis secara kualitatif. Adapun data primer di peroleh langsung dari masyarakat dan staff Kelurahan Kangkung Gudang Lelang Sedangkan data skunder di peroleh dari buku-buku, jurnal-jurnal, karya ilmiah berupa skripsi yang terkait dan serupa dengan materi yang penulis teliti. Berdasarkan data yang penulis dapatkan dari warga dan staff Kelurahan Kangkung Gudang Lelang, hasil penelitian ini Kelurahan Kangkung Gudang Lelang belum menjalankan Perda Kota Bandar Lampung No 5 Tahun 2015 yang mana semestinya Pemerintah Daerah memfasilitasi pembentukan lembaga pengelola sampah di iii tingkat RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan tapi pada nyatanya Kelurahan Kangkung Gudang Lelang belum mempunyai lembaga yang pasti untuk pengelolaan dan pembuangan sampah. Serta kebutuhan tempat sampah yang masih minim. Sedangkan dalam pandangan Fiqh Siyasah di dalam salah satu bentuk kekuasaannya terdapat Wazir Tanfidz yang memiliki kewenangan pelaksana dari aturan yang dibentuk pemerintah dan pula sebagai jembatan dari pemerintan kepada rakyat. Dalam hal ini belum terlaksana dikarenakan masih belum adanya lembaga pengelolaan sampah dan masih kurangnya fasilitas yang di butuhkan masyarakat jadi pengertian Wazir Tanfidz sebagai pelaksana peraturan dari pemerintah belum terlakana dengan baik. Kata Kunci: Sampah, Pengelolaan Sampah, Peran Masyarakat dan Kelurahan Siyasah Tanfidziyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Mar 2024 03:41
Last Modified: 05 Mar 2024 03:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32617

Actions (login required)

View Item View Item