PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Jayasari, Ryanti (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf] PDF
Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 15 Bandar lampung tahun pelajaran 2017/2018, masalah yang terjadi di SMAN 15 Bandar Lampung adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik. Salah satunya disebabkan karena, peserta didik masih jarang diberikan kesempatan untuk bertanya dan berpendapat, sehingga, kemampuan berpikir kritis siswa kurang tersampaikan, dan rendahnya motivasi belajar dilihat dari sikap ketergantungan siswa terhadap temannya, siswa cenderung pasif dan kurang antusias ketika mengikuti proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran POE terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasy Experimental Design. Design yang digunakan adalah posttest only control group design . Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Alat pengumpulan data berupa tes, non tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pencapaian pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran POE diperoleh nilai rata-ratanya adalah sebesar 80. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-ratanya adalah sebesar 73. Untuk kelas eksperimen motivasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran POE diperoleh persentase sebesar 80% sedangkan kelas kontrol diperoleh persentase sebesar 72%. Berdasarkan uji liliefors dan uji fisher diperoleh data hasil tes dari kedua kelompok tersebut normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis dapat menggunakan uji-t independent, yaitu untuk kemampuan berpikir kritis diperoleh tHitung = 3,1735, sedangkan tTabel= 1,9977 dengan α= 0,05 Sedangkan pada motivasi belajar diperoleh hasil tHiitung= 3,8252, sedangkan tTabel= 1,9977. Berdasarkan kreteria uji-t dari hasil yang diperoleh menunjukan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima artinya, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran POE terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Feb 2018 03:48
Last Modified: 28 Feb 2018 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3261

Actions (login required)

View Item View Item