ANALISIS SIYASAH TANFIDZIAH TERHADAP PERATURAN BUPATI NOMOR 15 TAHUN 2010 TENTANG KAWASAN TERTIB LALU LINTAS (KTL) DI KABUPATEN WAY KANAN (Studi di Kepolisian Resor Way Kanan)

Raju, Farid Anarta (2024) ANALISIS SIYASAH TANFIDZIAH TERHADAP PERATURAN BUPATI NOMOR 15 TAHUN 2010 TENTANG KAWASAN TERTIB LALU LINTAS (KTL) DI KABUPATEN WAY KANAN (Studi di Kepolisian Resor Way Kanan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI RAJU FARID ANARTA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Transportasi merupakan aspek krusial dalam kehidupan sehari-hari, terutama melalui penggunaan jalan sebagai salah satu sarana transportasi. Di era modern, pertumbuhan penduduk yang memadati jalan serta aktivitas pengguna jalan seringkali menimbulkan pelanggaran. Masih banyak sekali yang melanggar lalu lintas yang ada, Pemerintah daerah kabupaten waykanan berperan penting dalam menerapkan kawasan tertib lalu lintas untuk memastikan ketertiban lalu lintas dan mengurangi pelanggaran lalu lintas. Penegakan hukum oleh aparat kepolisian seperti kepolisian resor menjadi langkah penting dalam menangani pelanggaran tersebut, dengan peran mereka sebagai alat negara untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan kawasan tertib lalu lintas berdasarkan peraturan bupati nomor 15 tahun 2010 tentang kawasan tertib lalu lintas (ktl) di kabupaten way kanan di Kepolisian Resor way kanan dan Bagaimana Analisis Siyasah Tanfidziah Terhadap Pelaksanaan Peraturan Bupati Nomor 15 Tahun 2010 Tentang Kawasan Tertib Lalu Lintas (Ktl) Di Kabupaten Way Kanan (Studi Di Kepolisian Resor Way Kanan)” Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan sifat penelitian deskriptif. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori Siyasah Tanfidziyah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian datanya dianalisis secara kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Dalam Pelaksanaan Peraturan Bupati Nomor 15 Tahun 2010 tentang Kawasan Tertib Lalu Lintas di Kabupaten Way Kanan, Kepolisian Resor Way Kanan menunjukkan kinerja yang baik dengan fokus pada pencegahan daripada penindakan terhadap Masyarakat, Kepolisian Resor Way Kanan efektif dalam pencegahan pelanggaran. Mereka memberikan sanksi bertahap melalui teguran lisan, tertulis, sebelum tilang. Komunikasi dilakukan melalui sosialisasi langsung dan media sosial, dengan penekanan pada pendekatan humanis. Pemerintah juga diharapkan menyediakan infrastruktur memadai dan menggelar kampanye edukasi untuk mengatasi pelanggaran. Sedangkan Analisis siyasah Tanfidziyah tentang pelaksanaan Kawasan tertib lalu lintas, Tertib berlalu lintas dalam Islam mencerminkan nilai-nilai seperti keselamatan, ketaatan, keadilan, tanggung jawab, dan kebaikan bersama. Ini menjadi integral dalam Islam, memandu kehidupan yang aman, adil, bertanggung jawab, dan penuh hormat. Dalam perspektif, Siyasah Tanfidziyah berperan penting dalam menjalankan aturan iii Islam. Kepolisian, sebagai alat eksekutif, sesuai dengan konsep Wazir Tanfidz, melaksanakan kebijakan pemerintah, relevan dengan tugas Kepolisian Resort Kabupaten Way Kanan. Kata Kunci : Kawasan, Tertib, Lalu lintas, Fikih Siyasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2024 07:31
Last Modified: 04 Mar 2024 07:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32604

Actions (login required)

View Item View Item