PENGGUNAAN ANIMASI MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF ESTEEM PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA N 13 BANDAR LAMPUNG

Sari, Mira Mustika (2017) PENGGUNAAN ANIMASI MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF ESTEEM PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA N 13 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yang bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penggunaan animasi multimedia dalam pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X pada mata pelajaran biologi SMA N 13 Bandar Lampung, dan (2) mengetahui pengaruh penggunaan animasi multimedia dalam pembelajaran problem based learning terhadap self esteem peserta didik kelas X pada mata pelajaran biologi SMA N 13 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Desain penelitian yang digunakan pada quasi eksperiment ini adalah The Matching-only Postest-Only Control Group Design. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 19 September s/d 13 Oktober 2016 dikelas X SMA N 13 Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA N 13 Bandar Lampung. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen (X MIA 3) dan kelas kontrol (X MIA 5). Tehnik pengumpulan data berupa test untuk mengukur kemampuan berpikir kritis, angket self esteem untuk uji analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh hasil hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, karena hasil analisis uji t thitung <ttabel dengan α = 0,05, dengan hasil diperoleh kemampuan berpikir kritis 0,00 <0,05 dan self esteem 0,00 <0,05. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh penggunaan animasi multimedia dalam pembelajaran problem based learning terhadap berfikir kritis peserta didik kelas X mata pelajaran biologi SMA N 13 Bandar Lampung, dan (2)Terdapat pengaruh penggunaan animasi multimedia dalam pembelajaran problem based learning terhadap self esteem peserta didik kelas X mata pelajaran biologi SMA N 13 Bandar Lampung. Kata kunci: Animasi Multimedia, Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Self Esteem.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 13 Mar 2017 01:56
Last Modified: 13 Mar 2017 01:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/326

Actions (login required)

View Item View Item