PENGARUH JUMLAH IURAN PROGRAM BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pringsewu)

Chairunissa, Bella Dina (2021) PENGARUH JUMLAH IURAN PROGRAM BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pringsewu). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of SKRIPSI Chairunissa Bella Dina.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Rumah Sakit Umum Daerah Pringsewu berada di wilayah Kabupaten Pringsewu yang merupakan rumah sakit umum rujukan kelas C yang terakreditasi dan salah satu rumah sakit institusi pemerintah yang menerima rujukan pasien Kartu BPJS dari faskes pertama di Kabupaten Pringsewu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. bagaimana pengaruh jumlah iuran BPJS terhadap kualitas pelayanan program BPJS di RSUD Kabupaten Pringsewu? 2. bagaimana pengaruh jumlah iuran BPJS terhadap kualitas pelayanan program BPJS di RSUD Kabupaten Pringsewu dalam perspektf ekonomi Islam?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh jumlah iuran BPJS terhadap kualitas pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pringsewu kepada pengguna kartu BPJS dan untuk menjelaskan pandangan ekonomi islam pengaruh jumlah iuran terhadap kualitas pelayanan yang diberikan kepada pengguna kartu BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pringsewu. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif kuantitatif. Dengan menggunakan sumber data berupa data sekunder dan data primer yang berasal dari penyebaran kuesioner sampel berjumlah 97 responden yang berasal dari peserta kartu BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pringsewu. Selanjutnya di Uji menggunakan SPSS 23.0 berupa Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linier Sederhana, Uji T, dan Uji R 2 . Dengan jumlah iuran sebagai variabel X dan kualitas pelayanan sebagai variabel Y. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa dari hasil uji t menunjukkan bahwa jumlah iuran mempunyai pengaruh yang posistif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pringsewu. Dan hasil analisis Linier sederhana sebesar 30% dan sisanya 70% dijelaskan oleh faktor lain diluar penelitian. Bahwa jumlah iuran yang semakin banyak sangat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan dalam hal fasilitas yang diberikan berbeda setiap kelasnya, namun dengan pelayanan yang diberikan tidak terdapat perbedaan antar kelas BPJS. Sedangkan dalam perspektif ekonomi islam, kualitas pelayanan telah sesuai dengan prinsip ekonomi islam. Hal tersebut dapat dilihat dengan prisnsip-prinsip ekonomi islam yakni bersifat profesional, amanah, dan memelihara etos kerja. Kata kunci : Jumlah Iuran, Kualitas Pelayanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2024 06:54
Last Modified: 04 Mar 2024 06:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32599

Actions (login required)

View Item View Item