PENGARUH FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN TIKTOK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

MARA, DIANA UHTI NAURAH NAJIFAH (2024) PENGARUH FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN TIKTOK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI MARA DIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan yang baik akan menciptakan generasi yang baik sehingga kehidupan bangsa dan negara akan menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil observasi berupa tes kemampuan penalaran matematis peserta didik menunjukkan bahwa kemampuan penalaran peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan antara model pembelajaran Flipped Classroom dengan model pembelajaran konvensional, mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan penalaran matematis, dan untuk mengetahui interaksi antara model dan gaya belajar terhadap kemampuan penalaran matematis. Metode penelitian ini adalah kuantitatif berjenis quasy eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII ASMP Negeri 1 Bangunrejo. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen 1, kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen 2 dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol menggunakan discovery learning. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, Uji Homogenitas. Dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu menggunakan ANOVA dua jalan dengan sel tak sama dan uji lanjut menggunakan uji komprasi ganda dengan metode scheffe'. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh beberapa kesimpulan. Pertama, dimana H0A ditolak dengan signifikansi 0,00 < 0,05 artinya terdapat perbedaan antara pembelajaran Flipped Classroom dan pembelajaran konvensional. Kedua, terdapat pengaruh antar gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan penalaran matematis dengan signifikansi 0,024 < 0,05 dimana artinya H0B ditolak. Ketiga, tidak terdapat interaksi antara pembelajaran Flipped Classroom dan gaya belajar terhadap kemampuan penalaran matematis dimana yang artinya H0AB diterima dengan signifikansi 0,975 > 0,05. Kata kunci : model pembelajaran Flipped Classroom, kemampuan penalaran matematis, gaya belajar peserta didik. iv ABSTRACT Good education will create a good generation so that the life of the nation and state will be better. Based on the results of observations in the form of tests on students' mathematical reasoning abilities, it shows that students' reasoning abilities are still low. This research aims to determine the differences between the Flipped Classroom learning model and conventional learning models, determine the influence of learning styles on mathematical reasoning abilities, and to determine the interaction between models and learning styles on mathematical reasoning abilities. This research method is quantitative with a quasi�experimental type. The population in this study were class VIII students at ASMP Negeri 1 Bangunrejo. The samples in this research were class VIII.1 as experimental class 1, class VIII.2 as experimental class 2 and class VIII.3 as the control class using discovery learning. The sampling technique in this research was non-random sampling. The data analysis technique uses a normality test, homogeneity test. Followed by hypothesis testing, namely using two-way ANOVA with unequal cells and further testing using the multiple comparison test with the Scheffe' method. Based on the research results, several conclusions were obtained. First, where H0A is rejected with a significance of 0.00 < 0.05, it means that there is a difference between Flipped Classroom learning and conventional learning. Second, there is an influence between students' learning styles on mathematical reasoning abilities with a significance of 0.024 < 0.05, which means that H0B is rejected. Third, there is no interaction between Flipped Classroom learning and learning style on mathematical reasoning abilities, which means H0AB is accepted with a significance of 0.975 > 0.05. Keywords: Flipped Classroom learning model, mathematical reasoning abilities, student learning styles

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2024 06:33
Last Modified: 04 Mar 2024 10:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32595

Actions (login required)

View Item View Item