KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

ANI, SETIAWATI (2024) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ANI SETIAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Kepemimpinan kepala madrasah mempunyai tanggung jawab tersendiri, para pemimpin yakni kepala madrasah memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran, karena gerak langkah sebuah madrasah dikendalikan oleh kepala madrasah. Penelitian ini berbicara tentang kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTs Negeri 2 Bandar Lampung, dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana kepala madrasah menggerakkan guru, bagaimana kepala madrasah membina guru, dan bagaimana kepala madrasah memberi motivasi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, merupakan informasi yang berupa huruf bukan angka. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kesiswaan, dan guru. Data sekunder berupa data teoritis, dokumentasi, serta data pendukung diperoleh dari dokumen madrasah. Analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTs Negeri 2 Bandar Lampung sudah terlaksana. Hal ini dapat dilihat dari: (1) Kepala madrasah menggerakkan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran dengan cara kepala madrasah sebagai teladan harus selalu menggerakkan guru untuk selalu aktif pembelajaran dan berinovasi. (2) Kepala madrasah membina guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran dengan cara kepala madrasah selalu ada evaluasi atau rapat dinas yang isinya adalah mengevaluasi semua kegiatan guru baik itu perilaku ataupun pada saat proses pembelajaran dari RPP, silabus, ataupun perangkat pembelajaran di cek semuanya. (3) Kepala madrasah memberi motivasi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran dengan cara kepala madrasah selalu memberi motivasi bukan hanya sebulan sekali ataupun setahun sekali tetapi setiap hari, kepala madrasah beliau orangnya aktif, motivasi diantaranya bukan hanya saat di kelas, di luar kelas pun kepala madrasah datang pagi beliau berdiri di depan gerbang mengasih contoh yang baik supaya motivasi guru datang lebih tepat hadir dan anak-anak penuh semangat. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Mutu Pembelajaran. iii ABSTRACT Headmasters leadership has its own responsibility, the leaders ofheadmasters have a very important role and function in order to improve the quality of learning, because the movements of a madrassa were controlled by headmasters. The research speaks ofheadmasters leadership in improving the quality of learning at MTs Negeri 2 Bandar Lampung for research purposes to know how headmasters moves teachers, how headmasters builds up teachers, and how headmasters motivates teachers to improve the quality of learning at MTs Negeri 2 Bandar Lampung. The research employs a descriptive qualitative approach, that was information in letters instead of numbers. The research uses data collection techniques by observation, interview, and documentary means. The primary data in this research was the head of madrassa, the primary assistant to students, and the teacher. A secondary data was theoretical data and documentation and other supporting data obtained from madrassa documents. Data analysis in this research uses data reduction, data presentation, and a deduction. As for the validity test of data using technical triangulation and source triangulation. Research indicates that headmasters leadership in improving the quality of research at MTs Negeri 2 Bandar Lampung has been completed. This can be seen from (1) Headmasters moves the teacher to improve in learning by the way headmasters as an example must always motivate the teacher to be active in learning and to innovate. (2) Headmasters encourages teachers to improve the quality of learning by the way headmasters at MTs Negeri 2 Bandar Lampung there was always an evaluation or called aservice meeting in which there was an evaluation of all teacher activities of either behavior or during the learning process of the implementation of the learning plan, the sylabus, or the learning device in all by headmasters. (3) Headmasters encouraged the teacher to improve the quality of learning by the way headmasters at MTs Negeri 2 Bandar Lampung always motivated not just once a month or once a year but every day, headmasters at MTs Negeri 2 Bandar Lampung he was active so the motivation of the madrassa was not only when in class, headmasters was not only active because we were madrassa educators as service must serve students. Keywords : Headmasters Leadership, Quality of Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2024 04:28
Last Modified: 04 Mar 2024 05:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32588

Actions (login required)

View Item View Item