STRATEGI KOMUNIKASI USTADZAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA AL QUR’AN DI TPQ IBADURRAHMAN LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG

Isti, Cantika Prilian (2024) STRATEGI KOMUNIKASI USTADZAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA AL QUR’AN DI TPQ IBADURRAHMAN LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI Isti Cantika.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi merupakan proses pertukaran informasi antara dua orang atau lebih, selain itu komunikasi juga dapat digunakan sebagai alat transformasi nilai agama, sosial dan pembinaan. Strategi adalah sebuah cara untuk mencapai suatu tujuan. Upaya dalam meningkatkan minat membaca al-qur’an merupakan bentuk perhatian terhadap santri. Hubungan antara strategi komunikasi dengan ustadzah juga memperlihatkan bahwa Strategi komunikasi dalam kegiatan keagamaan berperan untuk pembentukan santri yang memiliki minat dalam membaca al-qur’an merupakan strategi yang dilakukan oleh ustadzah berupa pesan yang baik dan sikap didalam TPQ. Selain itu, faktor internal seperti kurangnya komunikasi antara orang tua dan anak juga berperan dalam menurunkan minat baca Al-Qur'an pada anak. Sehubung dengan hal tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian terhadap TPQ Ibadurrahman dalam meningkatkan minat baca al-qur’an dengan rumusan “Bagaimana Strategi Komunikasi Ustadzah Dalam Meningkatkan Minat Baca Al�Qur’an Di TPQ Ibadurrrahman Labuhan Ratu Bandar Lampung?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Ustadzah dalam meningkatkan minat baca al-qur’an di TPQ Ibadurrahman Labuhan Ratu Bandar Lampung. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan (Field Research), dengan sifat penelitian deskriptif, dan pendekatan penelitian kualitatif. Hal tersebut bertujuan agar dapat memberikan kejelasan masalah atau peristiwa yang tengah diteliti. Sumber data primer dalam penelitian ini mencakup 2 ustadzah dan 10 santri selaku informan yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini sesuai dengan teknik komunikasi persuasif yakni teknik asosiasi, integrasi, dan tatanan. Pada penelitian ini menggunakan Teori Komunikasi persuasif yang dikemukakan oleh Onong Uchjana Effendy. Hasil penelitian ditemukan bahwa strategi komunikasi untuk memotivasi santri dalam meningkatkan minat baca al-qur’an di Tpq Ibadurrahman Labuhan Ratu Bandar Lampung sebagai berikut: Proses iii Strategi Komunikasi menggunakan komunikasi persuasif guna menunjang dan meningkatkan minat baca santri dengan teknik asosiasi menggunakan buku bergambar guna mempermudah para santri untuk lebih cepat memahami bacaan al-qur’an, selanjutnya ada teknik integrasi secara jelas dilakukan dengan cara yang lemah lembut agar anak dengan sukarelanya menuruti apa yang menjadi intruksi dari ustadzah, dan juga dengan teknik tatanan yaitu melakukan pendekatan komunikasi dengan sangat baik, sesekali ustadzah menasihati untuk menarik perhatian lebih dari santri guna menyadarkan santri akan pentingnya mengaji. hal ini memberikan pelajaran kepada orang lain tanpa strategi maka anak tidak akan mudah atau paham apa yang akan dibicarakan. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Komunikasi Persuasif, Minat Baca, TPQ Ibadurrahman. iv ABSTRACT Communication is the process of exchanging information between two or more people, besides that communication can also be used as a means of transforming religious, social and coaching values. Strategy is a way to achieve a goal. Efforts to increase interest in reading the Qur'an are a form of attention to students. The relationship between communication strategies and ustadzah also shows that communication strategies in religious activities play a role in the formation of santri who have an interest in reading the Qur'an is a strategy carried out by ustadzah in the form of good messages and attitudes in TPQ. In addition, internal factors such as lack of communication between parents and children also play a role in reducing interest in reading the Qur'an in children. In connection with this, the authors are interested in conducting research on TPQ Ibadurrahman in increasing interest in reading the Qur'an with the formulation "How is the Ustadzah Communication Strategy in Increasing Interest in Reading the Qur'an at TPQ Ibadurrrahman Labuhan Ratu Bandar Lampung?" This study aims to determine the Ustadzah Communication Strategy in increasing interest in reading the Qur'an at TPQ Ibadurrahman Labuhan Ratu Bandar Lampung. The research conducted is field research (Field Research), with the nature of descriptive research, and a qualitative research approach. It aims to provide clarity on the problem or event being studied. Primary data sources in this study include 2 ustadzah and 10 santri as informants determined by purposive sampling method. In collecting data, researchers used interviews, observation, and documentation methods. While the data analysis techniques used in this study are in accordance with persuasive communication techniques, namely association, integration, and order techniques. In this study using persuasive communication theory proposed by Onong Uchjana Effendy. The results of the study found that the communication strategy to motivate students in increasing interest in reading al-qur'an at Tpq Ibadurrahman Labuhan Ratu Bandar Lampung is as follows: The Communication Strategy process uses persuasive communication to support and increase students' interest in reading with association v techniques using picture books to make it easier for students to more quickly understand the reading of the Qur'an, then there are integration techniques clearly carried out in a gentle way so that children willingly obey what is the instruction of the ustadzah, and also with order techniques, namely taking a very good communication approach, occasionally the ustadzah advises to attract more attention from the students to make the students aware of the importance of reciting the Koran. This gives lessons to others without a strategy, the child will not easily or understand what will be discussed. Keywords: Communication Strategy, Persuasive Communication, Reading Interest, TPQ Ibadurrahman

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2024 04:18
Last Modified: 04 Mar 2024 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32586

Actions (login required)

View Item View Item