PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) BERBASIS KOMBINASI GERAK DASAR ATLETIK DALAM PEMBELAJARAN PJOK SISWA KELAS V SD/MI

Alutfi, Samrotin Mawalina (2024) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) BERBASIS KOMBINASI GERAK DASAR ATLETIK DALAM PEMBELAJARAN PJOK SISWA KELAS V SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ALUTFI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Sistem pendidikan pada era globalisasi menuntun siswa dan guru menggunakan teknologi pembelajaran berbasis internet. Sudah saatnya sistem pembelajaran guru dan siswa sudah menggunakan pembelajaran berbasis internet. Salah satu dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Selama pembelajaran berlangsung ditemukan sejumlah hambatan dalam media pembelajaran berupa alat yang kurang, Materi yang ada pada buku yang digunakan dalam pembelajaran PJOK kurang lengkap, ada materi tidak sama dengan silabus yang sudah ada, dan media yang berbentuk visual saja, agar tujuan pembelajaran PJOK dapat tercapai secara efektif dalam mengembangkan kemampuan siswa baik dalam aspek kognitif maupun psikomotorik. Salah satunya bahan ajar yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran saat ini adalah e-modul. Dalam melakukan penelitian pengembangan media digital ini menggunakan model ADDIE memiliki beberapa tahapan yaitu Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Validasi kelayakan dilaksanakan oleh tim validator yang terdiri dari dua ahli media, dua ahli materi dan dua ahli bahasa. Uji lapangan terdiri dari skala kecil yang terdiri dari 15 peserta didik MIN 5 Bandar Lampung dan uji skala besar terdiri dari 65 peserta didik yaitu 30 peserta didik MIN 5 Bandar Lampung dan 26 peserta didik SDI Assalam Bandar Lampung. Kemudian dilakukan uji keefektifan media menggunakan rumus N-Gain dengan uji coba skala kecil dan skala besar menggunakan pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan oleh ahli media digital layak digunakan dengan rata-rata nilai mencapai 90% (sangat layak) dari ahli materi, 71% (layak) dari ahli media, dan 79% (layak) dari ahli bahasa. E-Modul diujikan pada skala kecil dan skala besar menghasilkan hasil sangat menarik dengan didapatkan hasil nilai rata�rata 88% dengan kategori “sangat menarik” dari respon peserta didik kelompok kecil dan rata-rata keseluruhan mencapai 84,5% dengan kategori “sangat menarik” dari respon peserta didik kelompok besar. Keefektivan E-Modul berdasarkan uji N-Gain memperoleh hasil 0,73 dengan kategori “tinggi” pada kelompok kecil sedangkan pada kelompok besar memperoleh hasil 0,71 dengan kategori “tinggi”. Kata kunci:E-Modul, Kombinasi Gerak Dasar Atletik Lompat, PJOK iv ABSTRACT The education system in the era of globalization guides students and teachers to use internet-based learning technology. It is time for teachers and students' learning systems to use internet-based learning. One of them is learning Physical Education, Sports and Health (PJOK). During the learning process, a number of obstacles were found in the learning media in the form of tools that were lacking, the material in the books used in PJOK learning was incomplete, there was material that was not the same as the existing syllabus, and the media was only in visual form, so that the PJOK learning objectives could be achieved. effectively in developing students' abilities in both cognitive and psychomotor aspects. One of the teaching materials that can be used in the current learning process is e-modules. In conducting research on digital media development using the ADDIE model, there are several stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Eligibility validation is carried out by a validator team consisting of two media experts, two material experts and two language experts. The field test consisted of a small scale consisting of 15 students from MIN 5 Bandar Lampung and a large scale test consisting of 65 students, namely 30 students from MIN 5 Bandar Lampung and 26 students from SDI Assalam Bandar Lampung. Then the media effectiveness was tested using the N-Gain formula with small scale and large scale trials using pretest and posttest. The research results show that digital media experts are suitable for use with an average score reaching 90% (very feasible) from material experts, 71% (decent) from media experts, and 79% (decent) from language experts. The E-Module was tested on a small scale and a large scale, producing very interesting results with an average score of 88% in the "very interesting" category from the responses of small group students and an overall average of 84.5% in the "very interesting" category. ” from the responses of large groups of students. The effectiveness of the E-Module based on the N-Gain test obtained a result of 0.73 in the "high" category in the small group, while in the large group the result was 0.71 in the "high" category. Keywords: E-Module, Combination of Basic Athletic Jumping Movements, PJOK

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2024 03:43
Last Modified: 04 Mar 2024 09:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32581

Actions (login required)

View Item View Item