PENGARUH PERMAINAN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS BANG-BANG TERHADAP AKHLAK PESETA DIDIK KELAS XI DI SMAN 1 WAY TENONG LAMPUNG BARAT

SUN, AGUNG NAVOLION (2024) PENGARUH PERMAINAN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS BANG-BANG TERHADAP AKHLAK PESETA DIDIK KELAS XI DI SMAN 1 WAY TENONG LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of Skripsi SUN AGUNG NAVOLION.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Media elektronik maupun media social sering memberitakan berita tentang bentuk-bentuk perubahan perilaku seseorang yang diakibatkan oleh game online. Perubahan perilaku seseorang sangat dekat dengan istilah akhlak. Dalam agama Islam perubahan perilaku seorang muslim dari yang awalnya memiliki akhlak yang baik menjadi akhlak yang tidak baik ini merupakan indikasi perubahan akhlak dari akhlak terpuji menjadi akhlak yang tercela. Salah satu factor penyebab dari perubahan akhlak terpuji menjadi akhlak tercela adalah akibat bermain game online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara game online terhadap akhlak siswa. Penilitian ini dilakukan di SMAN 1 Way tenong lampung barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SMAN 1 Way tenong. Kemudian dari populasi tersebut diambil sampelnya dengan menggunakan metode purposive sampling . Dari populasi peserta didik kelas X, XI dan XII penulis memilih sub-populasi di kelas XI SMAN 1 Way tenong tahun pelajaran 2022/2023, Teknik analisis dan pengolahan data menggunakan SPSS Version 21 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, game online memiliki hubungan yang positif terhadap akhlak siswa. Diperoleh hasil dalam uji regresi sederhana koefisien regresi X sebesar 0,342 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai Game Online maka nilai Akhlak bertambah 0,342. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh variabe Lx (Game Online) terhadap variabel Y (Akhlak) adalah positif. Pengambilan keputusan dalam uji regresi sederhana yakni berdasarkan nilai signifikansi sebesar 0,000 <0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Game Online (X) berpengaruh terhadap variabel Akhlak (Y). Dalam uji koefisien korelasi diketahui nilai korelasi atau hubungan (R) yaitu sebesar 0,342. Dari tabel nilai koefisien, nilai koefisien0,342 memiliki makna hubungan positif yang kuat. Dalam uji koefisien determinasi diketahui nilai sebesar 0,307 yang mengandung pengertian bahwa variabel bebas (GameOnline) berpengaruh terhadap variabel terikat (Akhlak) dengan nilai sebesar 30,7%. Dalam uji T-Test diketahui nilai T hitung 4.366 > T tabel 7.135 memiliki makna variabel X (Game Online) berpengaruh terhadap variabel Y (Akhlak). Berdasarkan hasil analisis datatersebut maka terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel game online terhadap akhlak siswa. iii ABSTRACT Electronic media and social media often report various news about changes in a person's behavior caused by online games. Person's behavior is very close to the term morals. If in the Islamic religion itself a change in a Muslim's behavior from initially having good morals to bad morals is an indication of a change in morals from commendable morals to despicable morals. One of the factors causing the change from commendable morals to despicable morals is the result of playing online games. This research aims to determine the influence of online games on student morals. This research was conducted at SMAN 1 Way Tenong, West Lampung. The population in this study were all students at SMAN 1 Way Tenong. Then samples were taken from this population using the purposive sampling method. From the population of students in classes X, XI andand XII the author chose a sub�population in class XI SMAN 1 Way tenong academic year 2022/2023, Data analysis and processing techniques using SPSS Version 21 for Windows. Based on research results, online games have a positive relationship with student morals. The results obtained in the simple regression test, a regression coefficient The regression coefficient is positive, so it can be said that the influence of variable X (Online Games) on variable Y (Mortals) is positive. Decision making in the simple regression test is based on a significance value of 0.000 < 0.05, so it can be concluded that the Online Game variable (X) has an effect on the Moral variable (Y). In the correlation coefficient test, it is known that the correlation or relationship value (R) is 0.342. From the coefficient value table, the coefficient value of 0.342 means a strong positive relationship. In the coefficient of determination test, it was found that the value was 0.307, which means that the independent variable (Online Games) had an effect on the dependent variable (Morals) with a value of 30.7%. In the T-Test, it is known that the Tcount value of 4.366 >Ttable 7.135 means that variable X (Online Games) has an effect on variable Y (Mortals). Based on the results of this data analysis, there is a significant influence between online game variables on student morals.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2024 03:37
Last Modified: 04 Mar 2024 05:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32580

Actions (login required)

View Item View Item