PENYALURAN ZAKAT UNTUK BEDAH RUMAH DALAM PANDANGAN HUKUM ISLAM (Studi Pada Badan Amil Zakat Nasional Daerah Kota Bandar Lampung)

SISKA, PURNAMA SARI (2024) PENYALURAN ZAKAT UNTUK BEDAH RUMAH DALAM PANDANGAN HUKUM ISLAM (Studi Pada Badan Amil Zakat Nasional Daerah Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi SISKA PURNAMA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Program bedah rumah merupakan suatu bentuk inovasi yang dibuat oleh BAZIS atau BAZDA Kota Bandar Lampung dalam hal menyalurkan dana zakat untuk pemenuhan tingkat kesejahteraan sosial dan psikologis mustahik sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana pola pengajuan pada program bedah rumahdi Badan Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh (BAZDA) Kota Bandar Lampung Tahun 2022 (2) Bagaimana Strategi Pendayagunaan Dana Zakat, Infak, dan Shadaqah (BAZDA) yang digunakan untuk program bedah rumah di Badan Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh (BAZDA) Kota Bandar Lampung Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif serta data yang diperoleh dari wawancara, observasi secara langsung dan pengambilan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan yaitu dengan adanya pemilihan pekerja yang baik, profesional dan berpengalaman, pemilihan bahan bangunan yang berkualitas, desain bangunan yang modern sesuai zaman, fasilitas ruangan yang lengkap. Kemudian, BAZNAS (BAZIS) Kota Bandar Lampung dengan indikator-indikator tingkat keberhasilan maka dapat dikatakan berhasil dalam mensejahterakan masyarakat miskin dan dhuafa dalam menciptakan rumah yang aman, nyaman serta layak huni. Kata Kunci : Strategi, Program, Bedah Rumah, Dana Zakat, BAZIS Kota Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2024 08:11
Last Modified: 01 Mar 2024 08:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32576

Actions (login required)

View Item View Item