ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI DI SMP SEKABUPATEN LAMPUNG TENGAH

FATIKA, RAHMADANI (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI DI SMP SEKABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Bab 1 & 2 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Fatika.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring berjalannya waktu, kasus covid-19 semakin membaik yang menyebabkan pemerintah menegaskan semua sekolah harus menyelenggarakan kegiatan pembelajaran secara tatap muka kembali. Pelaksaan pembelajaran tatap muka kembali membuat kebiasaan belajar peserta didik berubah menyesuaikan kondisi saat ini. Adanya perubahan perilaku peserta didik menimbulkan perubahan pada proses pembelajaran serta akan ada penyesuaian terhadap kebiasaan baru siswa pada pembelajaran pasca pandemi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kegiatan pembelajaran pasca pandemi di SMP sekabupaten Lampung Tengah dan mengetahui efektivitas pembelajaran pasca pandemi di SMP sekabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini dilaksanakan di empat sekolah yaitu MTs Negeri 1 Lampung Tengah, SMP Negeri 1 Terbanggi Besar, SMP Negeri 2 Terbanggi Besar, dan SMP Negeri 1 Gunung Sugih. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian didapati bahwa kegiatan pembelajaran pasca pandemi sudah dilakukan kembali seperti biasa dan kegiatan tatap muka di sekolah secara full. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan kembali seperti biasa seperti penilaian individu dan kelompok. Sarana dan prasarana yang terdapat di sekolah jumlahnya sudah mencukupi dan layak digunakan. Efektivitas pembelajaran pasca pandemi di SMP sekabupaten Lampung Tengah sudah baik. Dilihat dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa, prestasi belajar siswa yang meningkat dibandingkan masa pandemi covid-19, serta kendala yang minim ditemui pada saat pembelajaran tatap muka di sekolah. Kata Kunci: Pembelajaran, Pasca Pandemi, Lampung Tengah iv ABSTRACT As time goes by, Covid-19 cases are getting better, causing the government to emphasize that all schools must hold face-to-face learning activities again. Implementing face-to-face learning again means that students' learning habits will change to suit current conditions. Changes in student behavior will lead to changes in the learning process and there will be adjustments to students' new habits in post-pandemic learning. The aim of this research aims to determine post-pandemic learning activities in Middle Schools in Central Lampung Regency and determine the effectiveness of post-pandemic learning in Middle Schools in Central Lampung Regency. This research was carried out in four schools, namely MTs Negeri 1 Central Lampung, SMP Negeri 1 Terbanggi Besar, SMP Negeri 2 Terbanggi Besar, and SMP Negeri 1 Gunung Sugih. The method used in this research is a descriptive method with a qualitative approach. From the research results, it was found that post-pandemic learning activities have been carried out again as usual and full face-to-face activities at school. Learning evaluations are carried out again as usual, such as individual and group assessments. The facilities and infrastructure available at the school are sufficient and suitable for use. The effectiveness of post�pandemic learning in junior high schools in Central Lampung district is good. Judging from the learning activities carried out by teachers and students, student learning achievement has increased compared to the Covid-19 pandemic period, as well as minimal obstacles encountered during face-to-face learning at school. Keywords: Learning, Post-Pandemic, Central Lampung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2024 08:00
Last Modified: 01 Mar 2024 08:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32575

Actions (login required)

View Item View Item