AUGMENTED REALITY DALAM PENDIDIKAN DASAR: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW DAN ANALISIS BIBLIOMETRIK

DIVA, NUR SYAHANDA (2024) AUGMENTED REALITY DALAM PENDIDIKAN DASAR: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW DAN ANALISIS BIBLIOMETRIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DIVA NUR SYAHANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Augmented Reality (AR) dalam ranah pendidikan telah menciptakan paradigma pembelajaran baru yang revolusioner. Augmented Reality (AR) menggabungkan dunia fisik dan digital, membuka pintu untuk pengalaman belajar yang mendalam dan interaktif. Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR), peserta didik dapat melihat objek atau informasi tambahan yang disematkan ke dalam lingkungan fisik mereka. Integrasi Augmented Reality (AR) ke dalam pembelajaran dapat membantu pendidik dalam menyajikan materi pelajaran dengan lapisan-lapisan informasi virtual, memotivasi peserta didik untuk menyelami topik pembelajaran dengan cara yang lebih mendalam. Penelitian tentang Augmented Reality dalam pendidikan telah banyak dilakukan. Namun, tinjauan komprehensif terkait Augmented Reality (AR) dalam pendidikan dasar belum dilakukan, sehingga menyulitkan para pembaca yang tertarik untuk melakukan penelitian terkait Augmented Reality (AR) dalam pendidikan dasar. Untuk membantu mengatasi permasalahan ini, peneliti melakukan tinjauan literatur menggunakan prosedur PRISMA dan pencarian literatur secara komprehensif. Dengan mengikuti panduan PRISMA, studi ini menganalisis 21 artikel terkait Augmented Reality (AR) dalam pendidikan dasar pada basis data Scopus periode tahun 2018- 2023. Studi ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan Analisis Bibliometrik untuk menyelidiki perkembangan jumlah artikel, pemetaan jaringan antar kata kunci, pemetaan kolaborasi antar penulis, tren penelitian, dan mengidentifikasi metode, isu diskusi, dan tema penelitian yang serupa. Hasil tinjauan literatur sistematis ini menunjukkan bahwa topik Augmented Reality (AR) dalam pendidikan dasar mengalami peningkatan yang cukup pesat. Metode penelitian yang paling banyak digunakan adalah kuantitatif eksperimen. Isu diskusi yang paling mendominasi adalah terkait efektivitas penggunaan Augmented Reality (AR) dalam pendidikan dasar, dengan tema penelitian terkait manfaat Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran dan persepsi iii peserta didik. Berdasarkan pemetaan jaringan antar kata kunci yang menunjukkan bahwa penelitian terkait Augmented Reality (AR) dalam pendidikan dasar masih perlu dieksplorasi dengan terobosan atau kata kunci baru, dan hasil pemetaan kata kunci yang menunjukkan kurang populernya kata kunci “teacher training” namun memiliki tren berdasarkan tahun yang kekinian dan perkembangan pendidikan di Indonesia saat ini, maka penelitian ini merekomendasikan topik penelitian terkait dengan Pelatihan Pendidik Sekolah Dasar dalam Penggunaan Teknologi Augmented Reality (AR) dengan lebih mengeksplorasi metode penelitian, isu diskusi, dan tema penelitian yang baru atau cenderung tidak banyak digunakan dalam penelitian terkait Augmented Reality (AR) dalam pendidikan dasar. Kata Kunci: Augmented Reality (AR), Systematic Literature Review (SLR), Analisis Bibliometrik, dan Pendidikan Dasar iv ABSTRACT Augmented Reality (AR) in the realm of education has created a revolutionary paradigm for learning. Augmented Reality (AR) integrates the physical and digital worlds, opening the door to deep and interactive learning experiences. By harnessing Augmented Reality (AR) technology, learners can see additional objects or information embedded into their physical environment. The integration of Augmented Reality (AR) into education can assist educators in presenting lesson materials with layers of virtual information, motivating learners to delve into the subject matter more profoundly. However, a comprehensive review regarding Augmented Reality (AR) in primary education has not been conducted, making it challenging for readers interested in researching Augmented Reality (AR) in primary education. To address this issue, researchers conducted a literature review using the PRISMA procedure and comprehensive literature searches. Following the PRISMA guidelines, this study analyzed 21 articles related to Augmented Reality (AR) in primary education in the Scopus database for the period 2018-2023. This study employed the Systematic Literature Review (SLR) method with Bibliometric Analysis to investigate the development of the number of articles, keyword network mapping, collaboration mapping among authors, research trends, and to identify similar research methods, discussion issues, and research themes. The results of this systematic literature review indicate a significant increase in the topic of Augmented Reality (AR) in primary education. The most widely used research method is quantitative experimentation. The most dominant discussion issue is related to the effectiveness of using Augmented Reality (AR) in primary education, with research themes related to the benefits of Augmented Reality (AR) in learning and learner perceptions. Based on the keyword network mapping, which indicates that research related to Augmented Reality (AR) in primary education still needs exploration with v breakthroughs or new keywords, and the keyword mapping results indicating the less popularity of the keyword "teacher training" but with a current trend, this research recommends exploring topics related to Teacher Training in the Use of Augmented Reality (AR) technology with a more in-depth exploration of research methods, discussion issues, and new or less-explored research themes related to Augmented Reality (AR) in primary education. Keywords: Augmented Reality (AR), Systematic Literature Review (SLR), Bibliometric Analysis, and Primary Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2024 07:50
Last Modified: 01 Mar 2024 08:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32574

Actions (login required)

View Item View Item