PENGARUH SYUKUR DAN SABAR TERHADAP PENINGKATAN OPTIMISME MAHASISWA ILMU AL-QUR’AN DAN TAFSIR DI UIN RADEN INTAN LAMPUNG

Sella, Nurul Hidayah (2024) PENGARUH SYUKUR DAN SABAR TERHADAP PENINGKATAN OPTIMISME MAHASISWA ILMU AL-QUR’AN DAN TAFSIR DI UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SELLA NURUL HIDAYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Syukur dan sabar hendaknya dimiliki mahasiswa dalam menghadapi setiap tantangan dan rintangan dalam dunia perkuliahan. Tanpa kesyukuran dan kesabaran, mahasiswa akan sulit merasakan kebahagiaan. Sebab, tidak semua yang direncanakan dapat berjalan dengan baik dan tidak semua keinginan dapat diperoleh dengan mudah. Bila tidak, mahasiswa akan mudah marah, kehilangan semangat, tergesa-gesa dan putus asa yang mengakibatkan mahasiswa tidak optimis dalam menjalani perkuliahan. Berdasarkan hasil pretest menunjukkan keberagaman tingkat optimisme yang dimiliki oleh Mahasiswa Ilmu Al-Qur‟an dan Tafsir UIN Raden Intan Lampung. Hal ini diduga karena kurangnya tingkat pemahaman dan penerapan tentang syukur dan sabar dalam kehidupan sehari-hari yang mengakibatkan mahasiswa tidak optimis dalam menjalani perkuliahan. Jika mahasiswa tidak optimis, mahasiswa akan memiliki harapan tidak baik dan tidak yakin keberhasilan akan diraihnya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasy Experiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Prodi Ilmu Al�Qur‟an dan Tafsir UIN Raden Intan Lampung angkatan 2022. Sedangkan sampel penelitiannya adalah Kelas A dan B dengan menggunakan teknik Cluster Sampling. Prosedur penelitian dengan membagi dua kelompok eksperimen dan kelompok kontrol secara acak. Pada kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa pelatihan syukur dan sabar sedangkan kelompok kontrol tidak mendapat perlakuan. Alat pengumpulan data menggunakan skala syukur sabar dan optimisme yang telah diuji validitas dan reabilitasnya dengan bantuan program SPSS sebanyak 38 aitem pernyataan (α = 0,905). Teknik analisis data menggunakan Uji T (Independent Sample Test). iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan optimisme yang signifikan pada kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan berupa pelatihan syukur dan sabar yakni memperoleh nilai selisih (gained score) sebesar 35,9 dibandingkan kelompok kontrol yang tidak mendapat perlakuan hanya memperoleh hasil sebesar 2,4. Kemudian, nilai selisih (gained score) ini dianalisis menggunakan Uji T (Independent Sample Test) dengan memperoleh nilai t-hitung sebesar 8,340 dengan probabilitas (Sig) = 0,000. Diketahui probabilitas (Sig) = 0,000 < 0,01 artinya sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam Uji T (Independent Sample Test) dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha (hipotesis akhir) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa syukur dan sabar berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatkan optimisme Mahasiswa Ilmu Al�Qur‟an dan Tafsir di UIN Raden Intan Lampung. Sehingga dapat dikatakan semakin tinggi pemahaman syukur dan sabar yang dimiliki mahasiswa, maka akan semakin tinggi pula tingkat optimisme mahasiswa dalam menjalani perkuliahan, atau semakin rendah pemahaman syukur dan sabar yang dimiliki mahasiswa, maka akan semakin rendah pula tingkat optimisme mahasiswa dalam menjalani perkuliahan. Kata Kunci: Syukur, Sabar, Optimisme iv ABSTRACT Students should be grateful and patient in facing every challenge and obstacle in the world of study. Without gratitude and patience, students will find it difficult to feel happiness. Because, not everything that is planned can go well and not all desires can be achieved easily. If not, students will become easily angry, lose enthusiasm, rush and become discouraged which will result in students not being optimistic about studying. Based on the pretest results, it shows the diversity of levels of optimism possessed by Al-Qur'an and Tafsir Science Students at UIN Raden Intan Lampung. This is thought to be due to a lack of understanding and application of gratitude and patience in daily life, which results in students not being optimistic about studying. If students are not optimistic, they will have bad hopes and will not be sure that they will achieve success. This research is a quasi-experimental research (Quasy Experiment) with a Nonequivalent Control Group Design research design. The population of this research is students from the Al-Qur'an and Tafsir Science Study Program at UIN Raden Intan Lampung, class of 2022. Meanwhile, the research samples are Classes A and B using the Cluster Sampling technique. The research procedure was to randomly divide the experimental group and the control group into two. The experimental group was given treatment in the form of gratitude and patience training, while the control group received no treatment. The data collection tool uses a gratitude, patience and optimism scale which has been tested for validity and reliability with the help of the SPSS program with 38 statement items (α = 0.905). The data analysis technique uses the T Test (Independent Sample Test). The results of the research showed that there was a significant increase in optimism in the experimental group that received treatment in the form of gratitude and patience training, namely obtaining a gain score of 35.9 compared to the control group that did not receive treatment which only obtained a result of 2.4. Then, the v difference value (gained score) was analyzed using the T Test (Independent Sample Test) by obtaining a calculated t-value of 8.340 with probability (Sig) = 0.000. It is known that probability (Sig) = 0.000 < 0.01, meaning that as the basis for decision making in the T Test (Independent Sample Test) can be concluded that Ha (final hypothesis) is accepted. So it can be concluded that gratitude and patience have a significant effect on increasing the optimism of Al�Qur'an and Tafsir Science Students at UIN Raden Intan Lampung. So it can be said that the higher the student's understanding of gratitude and patience, the higher the student's level of optimism in studying, or the lower the student's understanding of gratitude and patience, the lower the student's level of optimism in studying. Keywords: Gratitude, Patience, Optimism

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2024 07:07
Last Modified: 01 Mar 2024 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32571

Actions (login required)

View Item View Item