PENGARUH STRATEGI GUIDED NOTE TAKING (GNT) BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD N 1 DURIAN PAYUNG TANJUNG KARANG PUSAT

Fadilla, Regita Cahyani (2024) PENGARUH STRATEGI GUIDED NOTE TAKING (GNT) BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD N 1 DURIAN PAYUNG TANJUNG KARANG PUSAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI FADILLA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi pelajaran saat terjadinya proses pembelajaran, hal itu mengakibatkan nilai hasil belajar peserta didik masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Maka dari itu peneliti menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran IPA perlunya memakai strategi pembelajaran yang dapat membuat prestasi belajar peserta didik mencapai KKM. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk melihat Pengaruh strategi Guided Note Taking (GNT) berbantuan media video animasi terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA kelas V di SDN 1 Durian Payung Tanjung Karang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dan jenis eksperimennya yaitu Quasi Eksperiment. Jenis penelitian ini dengan cara yang digunakan menggunakan postest di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Durian Payung Tanjung Karang dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik Random Sampling. Pengambilan sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelompok kelas diantaranya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana kelas eksperimen tersebut adalah kelas V B dan untuk kelas kontrol adalah kelas V A. Dengan teknik pengambilan data menggunakan tes. Data diperoleh dari buku�buku tentang metode eksperimen dan jurnal-jurnal yang terkait dengan metode eksperimen pada materi peredaran darahku sehat. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat dikatakan bahwa metode eksperimen dalam perhitungan Uji-t, didapatkan nilai sig 0,000 maka jika nilai Sig 0,05 (5%) pada Sig (2-tailed) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi Guided Note Taking berbantuan media animasi berdampak positif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Strategi Guided Note Taking, Hasil Belajar, IPA iv ABSTRACT The problem in this research is that students still have difficulty understanding the subject matter during the learning process, this results in the students' learning outcomes still not reaching the Minimum Completeness Criteria (KKM). Therefore, the researcher concluded that in science learning it is necessary to use learning strategies that can make students' learning achievements reach the KKM. The aim of this research is to see the influence of the Guided Note Taking (GNT) strategy assisted by animated video media on learning outcomes for class V science subjects at SDN 1 Durian Payung Tanjung Karang. This research is quantitative experimental research and the type of experiment is Quasi Experimental. This type of research uses a posttest in the experimental class and control class. This research was carried out at SDN 1 Durian Payung Tanjung Karang using a sampling technique, namely the Random Sampling technique. The sampling in this study consisted of two class groups including the experimental class and the control class. Where the experimental class is class V B and the control class is class V A. The data collection technique uses tests. Data was obtained from books about experimental methods and journals related to experimental methods on healthy blood circulation. Based on the results of data analysis, it can be said that the experimental method in calculating the t-test, obtained a sig value of 0.000, so if the Sig value is 0.05 (5%) in Sig (2-tailed) then H0 is rejected and H1 is accepted. It can be concluded that there is a significant influence of the Guided Note Taking strategy assisted by animation media which has a positive impact on the learning process and student learning outcomes. Keywords: Guided note-taking strategy, learning outcomes, science

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Feb 2024 07:33
Last Modified: 29 Feb 2024 08:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32558

Actions (login required)

View Item View Item