UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN ETIKA ISLAMI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 KASUI

Kiki, Widia Sari (2024) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN ETIKA ISLAMI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 KASUI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI KIKI WIDIA BAB 1&5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI KIKI WIDIA FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukkan bahwa dalam kebiasaan berperilaku, bertingkah laku, etika siswa terhadap seluruh warga sekolah sangat berbeda-beda, ada yang mencerminkan perilakunya dengan etika yang baik, bahkan ada perilaku siswa yang mencerminkan etika yang kurang baik. sedangkan tugas seorang guru pendidikan agama Islam sangat berat, mengingat begitu pentingnya para siswa memiliki etika yang baik. Oleh karena itu guru pendidikan agama Islam harus mengupayakan agar pembinaan, bimbingan harus diperhatikan dan ditingkatkan lagi. Dalam hal ini penulis mendeskripsikan upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan etika Islami peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kasui. Rumusan masalah pada skripsi ini adalah : 1) Bagaimana pelaksanaan upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan etika Islami peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kasui, 2) faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan etika Islami peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kasui. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisianya menggunakan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melaui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian setelah diadakan analisis mengungkapkan bahwa: 1)perencanaan guru Pendidikan Agama Islam yaitu, penyusunan RPP dan penyusunan profil pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan etika Islami peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kasui adalah (a) pembiasaan Shalat duhur di sekolah, (b) pembiasaan melaksanakan tadarus pagi(c) Membiasakan 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Salaman, Sopan Santun), (d) Melalui nasehat atau motivasi, (e) penerapan seragam panjang dan berhijab bagi muslim, (f) Menjadi teladan yang baik. 3) Faktor yang mendukung dan menghambat, faktor yang yang mendukung adalah kesadaran peserta didik, pergaulan siswa dalam sekolah maupun di luar sekolah, sarana dan prasarana yang ada di sekolah SMP Negeri 2 Kasui.Sedangkan faktor penghambatnya adalah lingkungan keluarga peserta didik yang Kurang baik, lingkungan masyarakat, pengaruh tekhnologi. Kata Kunci : Etika Islami, Upaya guru Pendidikan Agama Islam, Etika peserta didik iii ABSTRACT This research is motivated by a phenomenon which shows that students' behavioral habits and attitudes towards the entire school community are very different, some reflect their behavior with good ethics, and there are even students' behavior which reflects poor ethics. Meanwhile, the task of an Islamic religious education teacher is very difficult, considering how important it is for students to have good ethics. Therefore, Islamic religious education teachers must make efforts to pay attention and improve guidance and guidance. In this case the author describes the efforts of Islamic religious education teachers to improve Islamic ethics in class VII students at SMP Negeri 2 Kasui. The formulation of the problem in this thesis is: 1) How are the efforts of Islamic religious education teachers implemented in improving the Islamic ethics of class VII students at SMP Negeri 2 Kasui, 2) what factors support and hinder the efforts of Islamic Religious Education teachers in improving students' Islamic ethics class VII of SMP Negeri 2 Kasui. The research method in this study uses a qualitative approach with descriptive research type. The data collection techniques used are observation, interviews and documentation techniques. Meanwhile, the analysis technique uses data reduction, data presentation and conclusion drawing. Then, checking the validity of the data is done through diligent observation and triangulation. The results of the research after the analysis revealed that: 1) planning for Islamic Religious Education teachers, namely, preparation of lesson plans and preparation of Islamic Religious Education learning development profiles. 2) The efforts of Islamic Religious Education teachers to improve the Islamic ethics of class VII students at SMP Negeri 2 Kasui are (a) getting used to the midday prayer at school, (b) getting used to carrying out the morning tadarus (c) getting used to the 5 S's (Smile, Greet, Salam, Greetings). , Manners), (d) Through advice or motivation, (e) implementation of long uniforms and hijab for Muslims, (f) Being a good role model. 3) Supporting and inhibiting factors, supporting factors are students' awareness, students' interactions within school and outside school, existing facilities and infrastructure at SMP Negeri 2 Kasui. Meanwhile, inhibiting factors are students' family environment which is not good, social environment, the influence of technology. Keywoard: Islamic Ethics, Efforts Of Islamic Religious Education Teachers, Student Ethics

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Feb 2024 07:18
Last Modified: 29 Feb 2024 08:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32557

Actions (login required)

View Item View Item