PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI MI-AL HIKMAH BANDAR LAMPUNG

INNAYAH, Surdi (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI MI-AL HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1  DAN 2.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of SKRIPSI INNAYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar yang masih di bawah Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), ini disebabkan karena siswa masih kesulitan dalam memahami materi pelajaran saat terjadinya proses pembelajaran, maka peneliti menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran IPA perlunya memakai metode pembelajaran yang tepat sesuai materi agar dapat membuat hasil belajar siswa mencapai KKTP. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh metode pembelajaran eksperimen berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas IV di MI Al-Hikmah Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dan jenis eksperimennya yaitu Quasi Experimental Design, desain yang digunakan dalam quasi eksperimen design pada dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Hikmah Bandar Lampung dengan populasi seluruh siswa kelas IV. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik Nonprobability sampling (sampling jenuh). Sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua populasi digunakan sebagai sempel. Pengambilan sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelompok kelas diantaranya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen tersebut adalah kelas IV A dan kelas kontrol adalah kelas IV B. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan tes. Data diperoleh dari buku buku tentang metode pembelajaran eksperimen dan jurnal-jurnal yang terkait dengan metode pembelajaran eksperimen pada materi Gaya. Berdasarkan pengujian data hasil analisis normalitas dan homogenitas diperoleh sampel tersebut berdistribusi normal dan homogen atau varians sama sehingga pengujian hipotesis menggunakan independent sampel T-test (Uji-T) dengan taraf signifikan 5% (α = 0,05), yakni diperoleh p-Value < α (0,00 < 0,05) yang menyatakan H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari Metode Pembelajaran Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA siswa Kelas IV di MI Al-Hikmah Bandar Lampung. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Eksperimen, Hasil Belajar, IPA iii ABSTRACT Learning outcomes are still below the Learning Goal Achievement Criteria (KKTP), this is because students still have difficulty understanding the subject matter during the learning process, so the researcher concludes that in science learning it is necessary to use appropriate learning methods according to the material in order to achieve student learning outcomes. achieve KKTP. This research aims to see the effect of experimental learning methods assisted by teaching aids on the science learning outcomes of Class IV students at MI Al-Hikmah Bandar Lampung. This research is a quantitative experimental research and the type of experiment is Quasi Experimental Design. The design used in the quasi experimental design in this research is Nonequivalent Control Group Design. This research uses two classes, namely the experimental class and the control class. This research was carried out at MI Al�Hikmah Bandar Lampung with a population of all grade IV students. The sampling technique is nonprobability sampling technique (saturated sampling). Saturated sampling is a sample determination technique when the entire population is used as a sample. The sampling in this study consisted of two class groups including the experimental class and the control class. The experimental class is class IV A and the control class is class IV B. Data collection techniques use interviews, documentation and tests. Data was obtained from books about experimental learning methods and journals related to experimental learning methods in Gaya material. Based on data testing from normality and homogeneity analysis, it was found that the sample had a normal and homogeneous distribution or equal variance so that hypothesis testing used an independent sample T-test (T-Test) with a significance level of 5% (α = 0.05), namely p-Value was obtained. < α (0.00 < 0.05) which states that H0 is rejected and H1 is accepted. It can be concluded that there is a significant influence of the Experimental Learning Method on the Science Learning Outcomes of Class IV students at MI Al-Hikmah Bandar Lampung. Keywords: Experimental Learning Method, Learning Outcomes, Science

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Feb 2024 07:13
Last Modified: 29 Feb 2024 08:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32556

Actions (login required)

View Item View Item