GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH DI MTS NEGERI 2 PESAWARAN

SODIA, TAMA RAMDHAN (2024) GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH DI MTS NEGERI 2 PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI SODIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menggambarkan tentang kepemimpinan demokratis kepala madrasah di MTs Negeri 2 Pesawaran. Kepala madrasah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kepala madrasah adalah penanggung jawab atas penyelenggaraan pendidikan, administrasi madrasah, pembinaan tenaga pendidik, pendayagunaan serta pemeliharaan sarana dan prasarana juga sebagai supervisor pada madrasah yang dipimpinnya. Untuk bisa memastikan gaya kepemimpinan yang dipakai kepala MTS Negeri 2 Pesawaran merupakan gaya kepemimpinan demokratis maka penulis melakukan wawancara dengan kepala madrasah dan kepala tata usaha berlandaskan indikator gaya kepemimpinan demokratis menurut Sobri Sutikno pada saat pra prenelitian. Setelah mengetahui gaya kepemimpinan yang dipakai kepala MTS Negeri 2 Pesawaran merupakan gaya kepemimpinan demokratis, penulis tertarik untuk melihat sejauh mana penerapan gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah. Fokus utama penelitian adalah pendapatnya terfokus pada hasil musyawarah, tenggang rasa, memberi kesempatan pengembangan karier bawahan, menciptakan suasana kekeluargaan, mengetahui kekurangan dan kelebihan bawahan, komunikatif dengan bawahan, tanggap terhadap situasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dari penelitian ini di peroleh melalui wawancara dengan kepala madrasah, kepala tata usaha dan guru MTs Negeri 2 Pesawaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepala madrasah MTS Negeri 2 Pesawaran telah berupaya menerapkan kepemimpinan demokratis yakni kepala madrasah selalu melakukan musyawarah terlebih dahulu ketika dihadapkan dengan masalah ataupun dalam merencanakan sesuatu, kepala madrasah juga menerima segala masukan baik kritik maupun saran, kepala madrasah iv memberikan kesempatan pengambangan karir terhadap bawahan dan memfasilitasi guru yang mengikuti pelatihan, kepala madrasah selalu menjaga hubungan baik antar guru agar tercipta suasana kekeluargaan, kepala madrasah memberikan tugas kepada guru melihat keahlian yang dimiliki oleh guru tersebut agar pekerjaan yang di lakukan tidak menguras waktu dan apa yang di sampaikan oleh guru maksimal, kepala madrasah komunikatif dengan bawahan dengan selalu berbaur dengan anggotanya, kepala madrasah sangat partisipatif dengan bawahannya kepala madrasah selalu memberikan dorongan dan motivasi agar bawahannya berani mengutarakan ide, gagasan atau pendapat, kepala madrasah tanggap terhadap situasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah MTs Negeri 2 Pesawaran sudah terlaksana dengan baik. Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan Demokratis v ABSTRACT This study describes the democratic leadership of madrasah principals at MTs Negeri 2 Pesawaran. The madrasah head is one of the components of education that plays the most role in improving the quality of education. The madrasah head is responsible for the implementation of education, madrasah administration, coaching teaching staff, utilization and maintenance of facilities and infrastructure as well as a supervisor in the madrasah he leads. To be able to ensure that the leadership style used by the head of MTS Negeri 2 Pesawaran is a democratic leadership style, the author conducted interviews with the head of the madrasa and the head of administration based on indicators of democratic leadership style according to Sobri Sutikno during pre-research. After knowing that the leadership style used by the head of MTS Negeri 2 Pesawaran is a democratic leadership style, the author is interested in seeing the extent of the application of the democratic leadership style of the madrasah head. The main focus of the research is that the opinion is focused on the results of deliberation, tolerance, providing opportunities for subordinate career development, creating a family atmosphere, knowing the shortcomings and strengths of subordinates, communicating with subordinates, responding to the situation. This research uses qualitative methods. The data source of this research was obtained through interviews with the head of the madrasa, the head of administration and teachers of MTs Negeri 2 Pesawaran. Data collection techniques in this study used interview techniques, observation and documentation. Data analysis techniques in this study were carried out by reducing data, presenting data, and drawing conclusions. While testing the validity of the data is done by triangulation techniques. The results of this study indicate that the head of the MTS Negeri 2 Pesawaran madrassa has tried to implement democratic leadership, namely the head of the madrassa always deliberates first when faced with a problem or in planning something, the head of the madrassa also accepts all input both criticism and suggestions, the head of the madrassa provides career development opportunities for subordinates and facilitates teachers who attend training, the head of vi the madrassa always maintains good relations between teachers in order to create a family atmosphere, The madrasah principal gives assignments to teachers to see the expertise possessed by the teacher so that the work done does not drain time and what the teacher conveys is maximized, the madrasah principal is communicative with subordinates by always mingling with his members, the madrasah principal is very participatory with his subordinates, the madrasah principal always provides encouragement and motivation so that his subordinates dare to express ideas, ideas or opinions, the madrasah principal is responsive to the situation. Thus it can be concluded that the application of the democratic leadership style of the madrasah head of MTs Negeri 2 Pesawaran has been carried out well. Keywords : Democratic Leadership Style

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Feb 2024 06:54
Last Modified: 29 Feb 2024 09:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32554

Actions (login required)

View Item View Item