KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBELAJARANNYA PERSPEKTIF MAHMUD YUNUS

IRFAN, ADISTIO (2024) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBELAJARANNYA PERSPEKTIF MAHMUD YUNUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 3 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI IRFAN ADISTIO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pada abad ke-20 situasi pendidikan Islam di Indonesia pada umumnya masih bercorak tradisional. Kurikulum yang digunakan pada berbagai lembaga pendidikan Islam masih bercorak dikotomis antara ilmu agama dan ilmu umum. Orientasi pengajaran masih bertumpu pada penguasaan materi melalui sistem hafalan yang serba verbalistik. Yakni mampu mengucap tapi tidak mengerti maksud tujuannya, apalagi mengamalkannya. Dalam kajian ini penulis memfokuskan pembahasan tentang bagaimana konsep pendidikan Islam menurut Mahmud Yunus, sebagai tokoh pembentukan pendidikan Islam. Hal ini dapat dilihat dari pemikiran beliau dalam mendeskripsikan tujuan pendidikan, kurikulum, metode, guru dalam pendidikan Islam, dalam menggambarkan tujuan pendidikan Islam, manusia berakhlak mulia dan mampu mengembangkan seluruh potensi yang ada dalam dirinya. Sedangkan dalam pembuatan kurikulum, beliau menerapkan kurikulum integrated, yaitu mamadukan ilmu agama dan ilmu umum di lembaga pendidikan Islam. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research atau penelitian kepustakaan, yang khusus mengkaji suatu masalah untuk memperoleh data dalam penelitian. Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer (pokok) dan data sekunder (penunjang atau pendukung data primer). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah historis�filosofis. Selanjutnya, metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dokumentatif. Adapun tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik analisis isi (content analysis). Dari hasil penelitian diketahui bahwa dalam hal tujuan pendidikan islam yaitu mempersiapkan dan membentuk peserta didik memiliki kepribadian akhlak mulia sehingga akan adanya kebahagiaan yang seimbang antara dunia dan akhirat; Dalam hal metode pengajaran dilaksanakan dengan dua cara mengajar yakni umum dan modern; Dalam hal pendidik juga harus mampu ditengah peserta didik melalui pemahaman psikologi anak didik itu sendiri; Dalam hal kelembagaan dengan membentuk pengajaran di dalam kelas sesuai aturan yang ada; Dalam hal kurikulum dimana memadukan ilmu pengetahuan agama dan ilmu pengetahuan umum. Kata Kunci : Konsep, Pendidikan, Mahmud Yunus, Perspektif, Islam. iv ABSTRACT In the 20th century, the situation of Islamic education in Indonesia was generally still traditional. The curriculum used in various Islamic educational institutions is still in a dichotomous style between religious knowledge and general science.The teaching orientation is still based on mastery of the material through an all-verbalistic rote system. Namely being able to pronounce but do not understand its purpose, let alone practice it. In this study, the authors focus on the discussion of how the concept of Islamic education according to Mahmud Yunus, as a figure in the formation of Islamic education. This can be seen from his thoughts in describing educational goals, curriculum, methods, teachers in Islamic education, in describing the goals of Islamic education, humans have noble character and are able to develop all the potential that exists within them. Meanwhile, in making the curriculum, he implemented an integrated curriculum, namely integrating religious knowledge and general science in Islamic educational institutions. The type of research used in this research is library research or library research, which specifically examines a problem to obtain data in research. The data sources in this study were obtained from primary data (principal) and secondary data (supporting or supporting primary data). The approach used in this study is historical-philosophical. Furthermore, the data analysis method used in this research is documentary analysis. The data analysis technique used in this research is content analysis technique. From the research results, it is known that the aim of Islamic education is to prepare and shape students to have noble moral personalities so that there will be balanced happiness between this world and the hereafter; In terms of teaching methods, there are two ways of teaching, namely general and modern; In terms of educators, they must also be able to interact with students by understanding the psychology of the students themselves; In institutional terms, by forming teaching in the classroom according to existing rules; In terms of curriculum, it combines religious knowledge and general knowledge. Keywords: concept, Education, Mahmud Yunus, Perspective, Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Feb 2024 06:49
Last Modified: 29 Feb 2024 09:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32553

Actions (login required)

View Item View Item