IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE ROTATION TRIO EXCHANGE (RTE) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK NEGERI 1 NATAR LAMPUNG SELATAN

SRI, RATNA WATI (2024) IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE ROTATION TRIO EXCHANGE (RTE) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK NEGERI 1 NATAR LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER, BAB I, BAB II & DAPUS).pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Meningkatkan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran, pendidik perlu memahami hal-hal yang mempengaruhi proses belajar peserta didik, baik yang menghambat maupun yang mendukung. Pendidik harus memahami tentang model atau strategi pembelajaran yang efektif yang dapat membantu peserta didik agar dapat belajar secara optimal dan mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses belajar. SMK NEGERI 1 Natar Lampung Selatan merupakan lembaga pendidikan yang lokasi nya terletak di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Peneliti pada saat melakukan kegiatan pra penelitian di SMK NEGERI 1 Natar Lampung Selatan, ternyata masih ada banyak dari beberapa guru yang menerapkan metode konvensional yang monoton, sehingga peserta didik bosan dan merasa jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Pendidik SMK NEGERI 1 Natar Lampung Selatan mulai menerapkan Model Cooperative Learning Type Rotation Trio Exchange (RTE) guna meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Berdasarkan hasil observasi awal Model Cooperative Learning Type Rotation Trio Exchange (RTE) sangat jarang sekali diterapkan dan lebih banyak guru menggunakan model pembelajaran konvensional. Mata pelajajaran Pendidikan Agama Islam adalah mata pelajaran yang mengajarkan segi-segi kepercayaan, keimanan dan keyakinan kepada Allah SWT dalam agama Islam serta mengajarkan tingkah laku (sikap) kepada siswa. SMK NEGERI 1 Natar Lampung Selatan dalam proses pembelajarannya ternyata sudah mengimplementasikan Model Cooperative Learning dalam kegiatan-kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh beberapa guru mata pelajaran khususnya guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil observasi peneliti di SMK Negeri 1 Natar Lampung selatan inilah yang menjadi data awal peneliti Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif-deskriptif yaitu pendekatan penelitian yang berusaha mendesripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi sekarang yang dimana penelitian ini memotret peristiwa dan kejadian yang terjadi menjadi focus perhatiannya untuk kemudian di jabarkan sebagimana adanya. Menurut Jane Richie penelitian kualitatif adalah upaya untuk menyajikan dunia sosial, dan perspektifnya, di dalam dunia. Berdasarkan hasil pembahasan dalam skripsi ini bahwa Implementasi model cooperative learning type TRE didalam kelas diintegrasikan kedalam pembelajaran yang memalui tiga tahap yaitu iii tahap perencanaan, tahap pelaksanaan pembelajaran dan tahap evaluasi pembelajaran. Perencanaan tersusun dalam perangkat pembelajaran. Sebelum mengajar perlu merancang mengenai penggunaan model, metode, media, pendekatan, dan materi yang akan diajarkan. Agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dalam pelaksanaannya yaitu dengan membuat kelompok, guru membagai beberapa kelompok pada setiap kelas. setiap kelompok diberikan materi untuk didiskusikan dengan kelompoknya. kemudian guru mengarahkan bagaimana cara kerjanya, selanjutnya guru memberikan materi kepada setiap kelompok. Yang mana materi tersebut harus didiskusikan dengan kelompoknya. kelompok harus bekerjasama dalam menyelesaikan tugasnya. Evaluasi dilakukan dengan cara observasi dan praktik. Untuk evaluasi peserta didik diadakan setiap pertemuan yaitu setelah proses pembelajaran selesai. Dengan adanya evaluasi peserta didik yaitu untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan. Kata Kunci: Cooperative Learning Type Rotation Trio Exchange (RTE), Pendidikan Agama Islam, SMK Negeri 1 Natar Lampung Selatan iv ABSTRACT Improving the quality of the implementation of the learning process, educators need to understand the things that influence students' learning processes, both those that hinder and those that support. Educators must understand effective learning models or strategies that can help students learn optimally and increase student activity in the learning process. SMK NEGERI 1 Natar South Lampung is an educational institution located in Natar District, South Lampung Regency. When researchers carried out pre-research activities at SMK NEGERI 1 Natar, South Lampung, it turned out that there were still many teachers who applied monotonous conventional methods, so that students were bored and felt bored in participating in learning. Educators at SMK NEGERI 1 Natar South Lampung have begun implementing the Cooperative Learning Type Rotation Trio Exchange (RTE) Model to increase students' active learning. Based on the results of initial observations, the Cooperative Learning Type Rotation Trio Exchange (RTE) model is very rarely implemented and most teachers use conventional learning models. Islamic Religious Education subjects are subjects that teach aspects of belief, faith and belief in Allah SWT in the Islamic religion and teach behavior (attitudes) to students. SMK NEGERI 1 Natar South Lampung in its learning process has apparently implemented the Cooperative Learning Model in learning activities carried out by several subject teachers, especially Islamic Religious Education subject teachers. The results of the researcher's observations at SMK Negeri 1 Natar, South Lampung, became the researcher's initial data The approach used in this research is a qualitative-descriptive approach, namely a research approach that attempts to describe a symptom, event, event that is happening now, where this research photographs events and events that occur and becomes the focus of attention and then describes it as it is. According to Jane Richie, qualitative research is an attempt to present the social world, and its perspectives, within the world. Based on the results of the discussion in this thesis, the implementation of the TRE type cooperative learning model in the classroom is integrated into learning which goes through three stages, namely the planning stage, the learning implementation stage and the learning evaluation stage. Planning is arranged in learning tools. Before teaching, it is necessary to plan the use of models, methods, media, approaches and materials to be taught. So that the learning process can run well and in accordance with the learning objectives. In v its implementation, namely by creating groups, the teacher divides several groups into each class. Each group is given material to discuss with their group. then the teacher directs how it works, then the teacher gives material to each group. This material must be discussed with the group. The group must work together to complete the task. Evaluation is carried out by observation and practice. Student evaluations are held every meeting, namely after the learning process is complete. With student evaluation, it is to find out how far students understand the material that has been presented. Keywords: Cooperative Learning Type Rotation Trio Exchange (RTE), Islamic Religious Education, SMK Negeri 1 Natar South Lampung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Feb 2024 04:41
Last Modified: 29 Feb 2024 05:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32548

Actions (login required)

View Item View Item