UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DI SD ISLAM IBNU RUSYD LAMPUNG UTARA

Siti, Hajariah (2024) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DI SD ISLAM IBNU RUSYD LAMPUNG UTARA. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of siti hajariah 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of siti hajariah full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIKDI SD ISLAM IBNU RUSYD LAMPUNG UTARA Oleh : Siti Hajariah Abstrak Guru merupakan faktor penting yang memiliki pengaruh besar terhadap keberhasilan pendidikan karakter di sekolah, bahkan sangat menentukan berhasil tidaknya peserta didik dalam mengembangkan pribadinya secara utuh. Dalam pendidikan karakter guru harus memulai dari dirinya sendiri agar apa-apa yang dilakukannya dengan baik menjadi baik pula pengaruhnya terhadap peserta didik. karakter tanggung jawab adalah sikap atau perilaku seseorang untuk melakukan tugas dan kewajibannya berdasarkan pada nilai yang berlaku di masyarakat. Nilai karakter tanggung jawab yang dimaksud dalam penelitian ini adalah yang terdapat pada peserta didik, yaitu sikap atau perilaku siswa untuk melakukan tugas dan kewajibannya berdasarkan pada ketentuan yang berlaku di sekolah. SD Islam Ibnu Rusyd mengajarkan untuk dapat bertanggung jawab terhadap diri sendiri serta lingkungannya dan orang lain,namun masih banyak peserta didik yang belum paham sehingga tidak mempedulikannya. Salah satunya dengan tidak mengerjakan tugas yang diberikan dengan berbagai alasan atau lupa, padahal tugas adalah salah satu bentuk dari tanggung jawab kepada diri sendiri dan lingkungan sekolahnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningatkan karakter tanggung jawab peserta didik. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut peneliti menngunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk dari: 1. Peningkatan karakter tanggung jawab peserta didik terhadap diri sendiri dilakasanakan dengan empat hal, yaitu: (a) pengembangan pembelajaran; (b) mencontohkan teladan yang baik; (c) pengarahan peserta didik dalam mengambil keputusan yang baik; dan (d) pengarahan peserta didik dalam menyelesaikan dan melaksanakan pekerjaan dengan tanggung jawab. 2. Peningkatan karakter vii tanggung jawab peserta didik terhadap keluarga dilakasanakan dengan tiga hal, yaitu: (a) mencontohkan teladan yang baik; (b) mengarahkan peserta didik agar mematuhi, berbakti kepada orang tuanya dan menjaga nama baik keluarganya; (c) mengarahkan peserta didik untuk menyelesaikan dan melaksanakan pekerjaan dengan tanggung jawab. 3. Peningkatan karakter tanggung jawab peserta didik terhadap masyarakat dilakasanakan dengan tiga hal, yaitu: (a) pengembangan pembelajaran; (b) mencontohkan teladan yang baik; (c) memberikan pendidikan moral. Dan 4. Peningkatan diri, meningkatkan karakter tanggung jawab peserta didik terhadap tuhan dilakasanakan dengan tiga hal, yaitu: (a) memberikan peserta didik pendidikan agama yang baik; (b) mengarahkan peserta didik untuk berpegang teguh kepada Allah SWT; (c) mengarahkan peserta didik untuk menjaga kesucian agama dengan menegakkan islam. Kata kunci: Upaya Guru PAI, Karakter Tanggung Jawab viii جهىد معلم التربية الذينية اإلسالمية في تحسين الشخصية المسؤولة لذي الطالب في مذرسة ابن رشيذ المبىنج الشمالية إعذاد: سيتي هاجرية ملخص إْ اٌّعٍُ ٌٗ دٚس ٘بَ عٍٝ ٔغبػ رشث١خ شخص١خ اٌطٍجخ فٟ اٌّذسسخ ثً رؾذ٠ذ ٔغبػ اٌطٍجخ عٍٝ رطٛ٠ش٘ب. وبْ رعٍ١ّٙب رجذأ ِٓ اٌّعٍُ ٔفسٗ وٟ ٠ىْٛ لذٚح اٌصبٌؾخ ٌذٞ اٌطٍجخ. ٚاٌّسؤٌٚ١خ ٟ٘ اٌسٍٛن اٌزٞ ٠ّزٍىٗ اٌشخص عٕذ أداء ٚاعجبرٗ فٟ اٌّغزّع. ِٓ صُ، أْ ٌّسؤٌٚ١خ ٌٙزا اٌجؾش ٟ٘ ِسؤٌٚ١خ اٌطٍجخ، أٞ ِٛلف اٌطٍجخ ألداء ٚاعجبرُٙ عٍٝ ٔظبَ اٌّذسسخ. أِب اٌّشىٍخ ٌٙزٖ اٌذساسخ ٟ٘ عذَ اٌفُٙ عٓ اٌّسؤٌٚ١خ ٌذٞ اٌطٍجخ، ِّب ععٍُٙ ال ٠مِْٛٛ ثبٌٛاعجخ اٌّمذِخ ألسجبة ِخزٍفخ أٚ ٔس١بٔٙب، ِّب ٠عٕٝ أٔٗ إؽذٜ ِٓ اٌّسؤٌٚ١خ ٌٍطٍجخ ٚاٌج١ئخ اٌّذسس١خ. ٠ٙذف ٘زا اٌجؾش إٌٝ ِعشفخ ِؾبٌٚخ ِعٍُ اٌذ٠ ٓاإلسالِٟ فٟ رشل١خ ِسؤٌٚ١خ اٌطٍجخ، ٌٚزؾم١ك أ٘ذاف اٌجؾش، اسزخذِذ اٌجبؽضخ ِٕٙظ اٌجؾش إٌٛعٟ. ٚاٌطش٠مخ اٌّسزخذِخ ٌغّع اٌج١بٔبد ٟ٘ اٌّمبثٍخ، ٚاٌّالؽظخ، ٚاٌزٛص١ك. أِب ثبٌٕسجخ ٌزؾٍ١ ًاٌج١بٔبد اسزخذِذ اٌجبؽضخ رخف١ط اٌج١بٔبد ٚعشض اٌج١بٔبد ٚرؾم١ك اٌج١بٔبد ٚاٌزضٍ١ش الخزجبس صذق اٌج١بٔبد. ظٙشد إٌز١غخ، أْ رشل١خ ِسؤٌٚ١خ اٌطٍجخ ثّذسسخ اثٓ سشذ الِجٛٔظ اٌشّبٌ١خ رزُ ثأسثع طشق، ٟ٘: أٚال، رشل١خ ِسؤٌٚ١خ اٌطٍجخ عٍٝ ٔفسٙب رزُ ثأسثع خطٛاد ٟٚ٘: )أ( رطٛ٠ش اٌزعٍ١ُ؛ )ة( لذٚح ؽسٕخ؛ )ط( رٛع١ ٗاٌطٍجخ عٍٝ ارخبر لشاساد ع١ذح؛ ٚ )د( رٛع١ ٗاٌطٍجخ فٟ اسزىّبي ٚرٕف١ز اٌعًّ ثّسؤٌٚ١خ. صبٔ١ب، رشل١خ ِسؤٌٚ١خ اٌطٍجخ عٍٝ األسشح رزُ ثضالس خطٛاد ٟٚ٘: )أ( رمذ٠ ُاٌمذٚح اٌصبٌؾخ؛ )ة( رٛع١ ٗاٌطٍجخ عٍٝ ث ّش اٌٛاٌذ٠ٚ ٓاٌؾفبظ عٍٝ اٌسّعخ اٌط١جخ ألسشُ٘؛ )ط( رٛع١ ٗاٌطٍجخ إلوّبي ٚرٕف١ز اٌعًّ ثّسؤٌٚ١خ. صبٌضب، رشل١خ ِسؤٌٚ١خ اٌطٍجخ عٍٝ اٌّغزّع، رزُ ثضالس خطٛاد ٟٚ٘: )أ( رطٛ٠ش اٌزعٍ١ُ؛ )ة( رمذ٠ ُلذٚح ؽسٕخ؛ )ط( رمذ٠ ُ اٌزشث١خ األخالل١خ. ساثعب، رشل١خ ِسؤٌٚ١خ اٌطٍجخ عٍٝ هللا رزُ ثضالس خطٛاد ٟٚ٘: )أ( رعٍ١ ُل١ّخ اٌذ٠ ٓ اإلسالِٟ ٌٍطٍجخ؛ )ة( اٌزّسه ثبهلل سجؾبٔٗ ٚرعبٌٝ؛ )ط( اٌّؾبفظخ إٌٝ ِب ؽشِٗ اٌذ٠ ٓثئعالء وٍّخ هللا. الكلمات المفتاحية: ِؾبٌٚخ ِعٍُ اٌذ٠ ٓاإلسالِٟ، ِسؤٌٚ١خ اٌطٍجخ ix THE EFFORTS OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TEACHER IN IMPROVING STUDENTS' RESPONSIBILITY CHARACTER AT SD ISLAM IBNU RUSYD NORTH LAMPUNG Siti Hajariah Abstract Teacher is an important factor that has a major influence on the success of character education in schools, and even determines the success or failure of students in developing their whole personality. In character education the teacher must start from himself so that what he does well will also have a good effect on students. the character of responsibility is the attitude or behavior of a person to carry out their duties and obligations based on the values prevailing in society. The character values of responsibility referred to in this study are those found in students, attitudes or behavior of students to carry out their duties and obligations based on the provisions that apply in school. Ibnu Rusyd Islamic Elementary School teaches to be responsible for oneself and the environment and other people, but there are still many students who don't understand so they don't care about it. One of them is not doing the assignments given for various reasons, even though assignments are a form of responsibility to oneself and the school environment. The purpose of this study was to find out the efforts of Islamic religious education teachers in enhancing the character of student responsibility. To achieve the research objectives, researchers used qualitative research methods. Data collection techniques were carried out through interviews, observation and documentation. and data analysis using data reduction, data presentation and drawing conclusions and testing the validity of the data using triangulation. The results of the study show that the forms of: 1. Increasing the character of students' responsibility towards themselves is carried out in four ways, they are: (a) learning development; (b) sets a good example; (c) directing students in making good decisions; and (d) directing students in completing and carrying out work with responsibility. 2. Improving the character of students' responsibilities towards the family is carried out in three ways, they are: (a) setting a good example; (b) directing students to obey, be devoted to their parents and maintain the good name of their family; (c) directing students to complete and carry out work with responsibility. 3. Improving the character of students' responsibilities towards society is carried out in three ways, they x are: (a) learning development; (b) sets a good example; (c) provide moral education. And 4. Self-improvement, increasing the character of students' responsibility towards God is carried out in three ways, namely: (a) giving students a good religious education; (b) directing students to hold fast to Allah SWT; (c) directing students to maintain the sanctity of religion by upholding Islam. Keywords: Efforts of PAI Teachers, Character of Responsibility.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:59
Last Modified: 29 Feb 2024 03:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32541

Actions (login required)

View Item View Item