DAMPAK PERILAKU BULLYING TERHADAP PESERTA DIDIK (STUDI KASUS) DI MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2023/2024

MUHAMMAD, ZUFAR ARIQ (2024) DAMPAK PERILAKU BULLYING TERHADAP PESERTA DIDIK (STUDI KASUS) DI MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2023/2024. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Bullying merupakan permasalahan serius didunia pendidikan yang dapat berdampak negatif pada kesejahteraan psikologis dan sosial peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bentuk-bentuk bullying yang dialami peserta didik, dampak perilaku bullying yang dialami peserta didik, serta peran guru BK dalam menangani peserta didik yang mengalami kasus bullying. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus.Adapun prosedur pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan software QSR Nvivo 11,Penggunaan software ini dapat membantu penelitian dalam mengatur berbagai data yang tidak terstruktur dan sangat bervariasi. Dalam penelitian ini terdiri dari 3 (tiga) subyek penelitian dan obyek penelitian adalah Guru BKMTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya beragam bentuk bullying, mulai dari verbal dan relasional. Dampak dari bullying rasa tidak aman dan nyaman, sulit berkonsentrasi ketika belajar, hilangnya kepercayaan diri, dan takut bersosialisasi dengan lingkungan. Peran guru BK dalam mencegah, mengatasi atau membuat program untuk mencegah kasus bullying disekolah. Kata Kunci: Bentuk, Dampak, Mencegah, Mengatasi, Bullying, Peserta didik iii ABSTRACT Bullying is a serious problem in the world of education that can have a negative impact on the psychological and social well-being of students. This research aims to find out and understand the forms of bullying experienced by students, the impact of bullying behavior experienced by students, as well as the role of guidance and counseling teachers in dealing with students who experience cases of bullying. This research method uses qualitative research with a case study research design. The data collection procedures use observation, interviews and documentation. Data analysis in this research used QSR Nvive 11 software. The use of this software can help research in organizing various unstructured and very varied data. This research consisted of 3 (three) research subjects and the research object was the BK MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung teacher. The results of this research show that there are various forms of bullying, starting from verbal and relational. The impact of bullying is feeling insecure and comfortable, difficulty concentrating when studying, loss of self-confidence, and fear of socializing with the environment. The role of guidance and counseling teachers in preventing, overcoming or creating programs to prevent cases of bullying at school Keywords: Form, Impact, Prevent, Overcome, Bullying, Students

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:43
Last Modified: 29 Feb 2024 05:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32538

Actions (login required)

View Item View Item