IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MEDIA YOUTUBE DI SMP AL-AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG

FAJAR, NURRAHMAN (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MEDIA YOUTUBE DI SMP AL-AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of Skripsi FAJAR NURRAHMAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam era digital yang ditandai dengan kemajuan teknologi informasi, pemanfaatan media sosial telah menjadi elemen penting dalam konteks pendidikan. YouTube, sebagai salah satu platform media sosial terkemuka di dunia, menawarkan berbagai potensi yang besar dalam memperkaya proses pembelajaran. Di tengah konteks ini, SMP Al-Azhar 1 Bandar Lampung menunjukkan komitmen yang kuat untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran guna meningkatkan efektivitas proses pendidikan. Dengan kesadaran akan peran penting teknologi dalam mendukung pembelajaran yang progresif, sekolah ini berupaya aktif untuk mengadopsi inovasi dan pengembangan teknologi guna meningkatkan kualitas pendidikan yang disampaikan kepada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui media Youtube di SMP Al-Azhar 1 Bandar Lampung? Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui media Youtube di SMP Al-Azhar 1 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dan desain penelitian yang peneliti lakukan adalah studi lapangan. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan analisa kualitatif dengan cara berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan yaitu pertama, implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Azhar 1 Bandar Lampung sukses mengintegrasikan nilai�nilai Islam dalam kegiatan sehari-hari, kurikulum, dan pembinaan kepribadian dengan pendekatan holistik dan interaktif. Meskipun dihadapi keterbatasan sumber daya dan kesadaran siswa terhadap nilai-nilai agama, upaya peningkatan kualitas pembelajaran melibatkan pelatihan guru dan partisipasi orang tua. Dengan metode pembelajaran beragam, dukungan kegiatan ekstrakurikuler, dan respons positif siswa, pendekatan ini berhasil membuat pembelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi lebih menarik, relevan, dan iii memberikan pemahaman mendalam terhadap perkembangan spiritual dan moral siswa di SMP Al-Azhar 1 Bandar Lampung. Kedua, telah membawa dampak signifikan. Meskipun menghadapi beberapa tantangan, respons positif dari siswa dan peningkatan hasil belajar menegaskan bahwa pemanfaatan teknologi ini mampu memperkaya metode pembelajaran. Penggunaan media YouTube tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa, tetapi juga memperdalam pemahaman mereka terhadap konsep agama. Dengan adanya dampak positif ini, pengembangan lebih lanjut dari strategi ini memiliki potensi untuk memperluas manfaatnya, memberikan kontribusi yang signifikan dalam memperkuat pengalaman belajar siswa, membangun karakter, dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan. Kata Kunci: Media Youtube, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Feb 2024 07:02
Last Modified: 28 Feb 2024 11:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32527

Actions (login required)

View Item View Item