KREATIVITAS GURU MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

AZIZ, SYAIFULLOH ALFATHONAH (2024) KREATIVITAS GURU MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AZIZ SYAIFULLOH ALFATHONAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam proses pembelajaran Akidah Aklak, masalah yang dihadapi oleh guru Aqidah Akhlak diantaranya: Masih banyak peserta didik yang kurang sadar betapa pentingnya Pendidikan Akhlak, sehingga dalam proses belajar mengajar bersikap masa bodo, dan abai dengan pembelajaran Aqidah Akhlak. Peserta didik yang kurang mengikuti pembelajaran daring tersebut adalah peserta didik ada yang mengatakan bosan, ada juga yang mengatakan kurang efektif dan lain sebagainya. Pengaruh Gadget terhadap minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Aqidah Akhlak Selain itu, kurangnya dukungan orang tua terhadap belajar siswa, sedangkan siswa sangat membutuhkan dukungan dan dorongan agar termotivasi belajar Aqidah Akhlak, dan Rendahnya motivasi siswa dalam mempelajari Pentingnya Aqidah Akhlak, serta Siswa lebih memprioritaskan pelajaran umum daripada pelajaran Aqidah Akhlak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif-deskriptif yaitu pendekatan penelitian yang berusaha mendesripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi sekarang yang dimana penelitian ini memotret peristiwa dan kejadian yang terjadi menjadi focus perhatiannya untuk kemudian di jabarkan sebagimana adanya. Berdasarkan hasil penelitian tentang Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Pada Peserta didik di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, maka peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut : Kreativitas guru dalam pembelajaran Akidah Akhlak peserta didik dengan menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi Metode ceramah, metode diskusi, metode menghafal, metode pemberian kuis atau cerdas cermat. Selain itu, guru akidah Akhlak juga menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak,memberikan contoh keteladanan, pemberian nilai,pemberian tugas, mengadakan evaluasi di setiap akhir pekan, pemberian ulangan, pemberian pujian, juga pemberian hukuman. Semua ini dilakukan dalam rangka meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Kata Kunci: Kreativitas Guru Akidah Akhlak, Motivasi Belajar, MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung iii ABSTRACT In the process of learning Aqidah Akhlak, the problems faced by Aqidah Akhlak teachers include: There are still many students who do not realize how important Moral Education is, so that in the teaching and learning process they suggest that they are ignorant and ignore learning Aqidah Akhlak. Students who do not participate in dare learning are students who say they are bored, some say they are less effective and so on. The influence of gadgets on students' interest in learning Aqidah Akhlak. Apart from that, there is a lack of parental support for student learning, while students really need support and encouragement to be motivated to learn Aqidah Akhlak, and the low motivation of students in studying the importance of Aqidah Akhlak, and students prioritize learning. general than Aqidah Moral lessons. The approach used in this research is a qualitative-descriptive approach, namely a research approach that attempts to describe a symptom, event, event that is happening now, where this research photographs events and events that occur and becomes the focus of attention and then describes it as it really is. Based on the results of research on Teacher Creativity in Learning Moral Aqidah for Students at MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, the researcher can conclude as follows: Teacher creativity in learning Moral Aqidah of students by applying various learning methods. Lecture method, discussion method, memorization method, method of giving quizzes or quizzes. Apart from that, the Akhlak aqidah teacher also uses learning media in the Aqidah Akhlak learning process, providing exemplary examples, giving grades, giving assignments, holding evaluations every weekend, giving tests, giving praise, and also giving punishment. All of this is done in order to increase students' learning motivation at MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, Keywords: Creativity of Moral Creed Teachers, Learning Motivation, MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:53
Last Modified: 28 Feb 2024 05:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32517

Actions (login required)

View Item View Item