PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG

ISMI, NUR KHOLIFAH (2024) PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ISMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK MIN 5 Bandar Lampung menunjukkan bahwa pengelolaan kelas berjalan sesuai dengan ketentuan atau peraturan yang telah diterapkan. Guru atau pendidik sebelum melaksanakan pembelajaran menyiapkan materi pembelajaran, memulai pembelajaran dengan tepat waktu, memperhatikan keadaan ruangan kelas, serta memperhatikan peserta didik pada saat pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana peraturan pengelolaan kelas dan pendekatan pengelolaan kelas dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik di MIN 5 Bandar Lampung. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data seperti wawancara, dokumentasi dan observasi. Dengan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini diperoleh langsung dari kepada madrasah, guru dan peserta didik MIN 5 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi, uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya, di MIN 5 Bandar Lampung memiliki dua macam bentuk peraturan yaitu peraturan yang sifatnya umum dan peraturan yang sifatnya khusus agar warga madrasah khususnya peserta didik disiplin dalam pengelolaan kelas. Dan dalam pelaksanaan pengelolaan kelas guru di MIN 5 Bandar Lampung tidak hanya menerapkan satu pendekatan saja, melainkan beberapa pendekatan seperti, pendekatan managerial, pendekatan perubahan tingkah laku, pendekatan iklim sosio emosional, pendekatan proses kelompok, pendekatan ancaman, pendekatan kebebasan, dan pendekatan resep. Guru menerapkan pendekatan yang sesuai dengan permasalahan peserta didik yang dihadapi didalam kelas. Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Disiplin Belajar iv ABSTRACT MIN 5 Bandar Lampung shows that class management is running in accordance with the provisions or regulations that have been implemented. Before carrying out learning, teachers or educators prepare learning materials, start learning on time, pay attention to the condition of the classroom, and pay attention to students during learning. The aim of this research is to find out and analyze how classroom management regulations and classroom management approaches improve student learning discipline at MIN 5 Bandar Lampung. The method in this research uses a qualitative approach. Descriptive qualitative research, data collection techniques such as interviews, documentation and observation. With data analysis techniques using data reduction, data presentation and drawing conclusions. Informants in this research were obtained directly from madrasas, teachers and students of MIN 5 Bandar Lampung. Data collection techniques in this research used interview, documentation and observation techniques, testing the validity of the data using triangulation. The results of the research show that at MIN 5 Bandar Lampung there are two types of regulations, namely general regulations and specific regulations so that madrasah residents, especially students, are disciplined in classroom management. And in implementing classroom management, teachers at MIN 5 Bandar Lampung do not only apply one approach, but several approaches, such as the managerial approach, behavior change approach, socio�emotional climate approach, group process approach, threat approach, freedom approach, and prescription approach. The teacher applies an approach that is appropriate to the problems students face in the classroom. Keywords: Classroom Management, Learning Discipline

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:38
Last Modified: 28 Feb 2024 05:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32513

Actions (login required)

View Item View Item