HUBUNGAN TEKANAN TEMAN SEBAYA (PEER PRESSURE) DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA SMP

Ubaid, Maulana Rosha Putra (2024) HUBUNGAN TEKANAN TEMAN SEBAYA (PEER PRESSURE) DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA SMP. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Ubaid Maulana Rosha Putra.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Bab 1&2 Dapus.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN TEKANAN TEMAN SEBAYA (PEER PRESSURE) DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA SMP Oleh : Ubaid Maulana Rosha Putra Kedisiplinan belajar pada siswa SMP dipengaruhi oleh faktor�faktor internal dan eksternal, seperti motivasi, minat belajar, teman sebaya, keadaan sosial serta iklim sekolah. Tekanan teman sebaya dan iklim sekolah merupakan dua faktor eksternal yang di lihat oleh peneliti memiliki hubungan dengan kedisiplinan belajar pada siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “hubungan tekanan teman sebaya dan iklim sekolah dengan kedisiplinan belajar pada siswa SMP”. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi meliputi skala kedisiplinan belajar sebanyak 27 aitem, Skala tekanan teman sebaya sebanyak 26 aitem dan skala iklim sekolah sebanyak 25 aitem. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda yang dibantu dengan aplikasi JASP versi 0.16.0.0 for windows. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMP Budi Luhur Boarding School, Pasir Sakti, Lampung Timur sebanyak 101 siswa yang terdiri dari kelas VII,VIII dan IX dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian mendapat nilai signifikan p= 0,035 < 0,05 dan R = 0,257. Hal ini menandakan bahwa bersama sama variabel bebas Tekanan teman sebaya (X1) dan variabel bebas Iklim sekolah (X2) memiliki hubungan yang signifikan dengan Kedisiplinan belajar (Y) pada siswa SMP. Hasil penelitian selanjutnya tidak terdapat hubungan antara tekanan teman sebaya dan kedisiplinan belajar pada siswa SMP dilihat dari nilai signifikasi yang diperoleh yakni nilai koefisien korelasi (rX1y) = -0,086 dengan taraf signifikan 0,390 > 0,05, dan terdapat hubungan positif antara iklim sekolah dengan kedisiplinan belajar pada siswa SMP dapat dilihat dari nilai signifikasi yang diperoleh yaitu nilai koefisien korelasi (rX2y) = 0,253 dengan taraf signifikasi 0,011<0,05. Kata Kunci : Kedisiplinan Belajar, Tekanan Teman Sebaya, Iklim Sekolah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:21
Last Modified: 28 Feb 2024 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32510

Actions (login required)

View Item View Item