TINJAUAN FIQH SIYASAH TANFIDZIYYAH TERHADAP PERAN KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA NATAR DALAM PEMBINAAN MASYARAKAT SADAR PAJAK (Studi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Natar Kabupaten Lampung Selatan)

ANDY, FRASETYA (2024) TINJAUAN FIQH SIYASAH TANFIDZIYYAH TERHADAP PERAN KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA NATAR DALAM PEMBINAAN MASYARAKAT SADAR PAJAK (Studi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Natar Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI ANDY FRASETYA.pdf] PDF
Download (20MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK Pajak merupakan salah satu sumber pendanaan bagi pembagunan negara dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. Di Indonesia sendiri masih sering sekali terjadi keterlambatan dalam pembayaran pajak, bahkan tidak jarang ditemui masyarakat yang tidak membayar pajak, hal ini berdampak pada perkembangan negara karena kurang sadarnya masyarakat untuk membayar pajak. Dengan adanya permasalahan ini menjadi salah satu tugas bagi aparat perpajakan untuk memberikan sosialisasi atau penyuluhan tentang wajib pajak agar dapat menghilangkan persepsi negatif di masyarakat terhadap instansi perpajakan yang dianggap memiliki kepentingan sendiri. Berdasarkan latar belakang yang sudah dipaparkan di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana peranan kantor pelayanan pajak pratama Natar dalam pembinaan masyarakat sadar pajak? dan Bagaimana tinjauan fiqh siyasah tanfidziyyah mengenai hal tersebut. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran kantor pelayanan pajak pratama Natar dalam pembinaan masyarakat sadar pajak dan ditinjau dari persfektif fiqh siyasah tanfidziyyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sedangkan analisis data adalah proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh menurut hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi menggunakan cara mengorganisasikan data-data kedalam kategori, menjabarkan unit-unit, melakukan dalam pola, menentukan mana yang penting, dan menciptakan konklusi sehingga mudah dipahami oleh diri sendiri ataupun orang lain. Peran Kantor Pelayanan Pajak Pratama Natar dalam meningkatkan kesadaran membayar pajak sudah berjalan dengan baik serta telah sesuai dengan tugas dan fungsi atau SOP yang berlaku. Dalam hal ini Kantor Pelayanan Pajak Pratama Natar melaksanakan perannya dalam meningkatkan kesadaran membayar pajak dengan melakukan sosialisasi edukasi tentang perpajakan secara offline maupun online. Kedua dalam perspektif fiqih siyasah tanfidziah atau pandangan Islam dalam pajak atau pemungutan pajak bukanlah hal yang salah dalam islam jika hasil dari pemungutan pajak ditujukan iii untuk negara dan kembali pada warga negara atau masyarakat demi terwujudnya kemaslahatan secara keseluruhan. Dan faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak perspektif fiqih siyasah tanfidziah yang dilakukan sudah sesuai dan pada masa kepemimpinan rasulullah beliau juga memerintahkan kepada seorang petugasnya untuk berkeliling kekampung kampung juga pelosok untuk melakukan pemungutan jizya atau pajak dan juga memberikan pengetahuan lebih dalam mengenai pajak tentang apa itu pajak dan apa tujuan dan manfaat dari pemungutan pajak tersebut. Kata Kunci: Fiqh Siyasah Tanfidziyyah, Pajak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Feb 2024 07:53
Last Modified: 27 Feb 2024 07:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32508

Actions (login required)

View Item View Item