ANALISIS BUDAYA SEKOLAH DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MIN 7 BANDAR LAMPUNG

AHMAD, ALWAN (2024) ANALISIS BUDAYA SEKOLAH DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MIN 7 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI AHMAD ALWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh analisis budaya sekolah dalam menanamkan pendidikan karakter di MIN 7 Bandar Lampung. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:Bagaimana budaya sekolah berpengaruh langsung dalam pembentukan karakter agar tercipta karakter yang baik di MIN 7 Bandar Lampung serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peserta didik dalam menanamkan pendidikan karakter di MIN 7 Bandar Lampung penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar budaya sekolah dalam menanamkan pendidikan karakter peserta didik dan pengaruh pendidikan karakter dalam meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan sekolah MIN 7 Bandar Lampung.jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.Pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi, dan dokumentasi, dalam pengambilan sampel peneliti memilih subjek sebagai perwakilan untuk wawancara adalah beberapa orang guru dan kemudian dianalisis dan dikuatkan dengan observasi peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil observasi tentang pendidikan karakter di MIN 7 Bandar Lampung dari sampel sebanyak 49 pesera didik bahwa ada 2 faktor,yaitu faktor internal dalam peserta didik kurang nya motivasi khususnya masalah tanggung jawab contoh dalam menjalankan tugas piket masih banyak yang kurang disiplin dalam menjalankan tugas piket secara teratur faktor eksternal dari luar peserta didik yaitu lingkungan seperti kurang nya perhatian dari kedua orang tua dalam menciptakan karakter peserta didik hal ini perlu nya kerja sama orang tua ,guru dan peserta didik. perlunya motivasi guru dalam pembentukan karakter untuk menciptakan budaya sekolah yang positif dan efektif dan terciptanya lingkungan belajar yang kondusif serta membentuk diri dan memberi tauladan satu sama lain sehingga terjadi nya karakter yang baik. iv ABSTRACT This research is motivated by an analysis of school culture in instilling character education at MIN 7 Bandar Lampung. The problem formulation in this research is: How does school culture have a direct influence on character formation in order to create good character at MIN 7 Bandar Lampung and what factors influence students in instilling character education at MIN 7 Bandar Lampung. This research aims to find out how big is the school culture in instilling character education in students and the influence of character education in improving the quality of education in the MIN 7 Bandar Lampung school environment. This type of research is a qualitative approach. Data collection uses interviews, observation and documentation, in sampling the researcher chose the subject as The representatives for the interviews were several teachers and were then analyzed and confirmed by student observations. The results of this research show that based on the results of observations regarding character education at MIN 7 Bandar Lampung from a sample of 49 students, there are 2 factors, namely internal factors in students' lack of motivation, especially the problem of responsibility, for example in carrying out picket duties there are still many who lack discipline. In carrying out picket duties regularly, external factors come from outside the students, namely the environment, such as the lack of attention from both parents in creating the students' character, this requires the cooperation of parents, teachers and students. The need for teacher motivation in character building to create a positive and effective school culture and create a conducive learning environment as well as forming ourselves and giving role models to each other so that good character is created.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Feb 2024 07:31
Last Modified: 27 Feb 2024 07:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32506

Actions (login required)

View Item View Item