ADAB INTERAKSI PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK PERSPEKTIF AL- QUR'AN SURAT AL- KAHF AYAT 60- 82

Suryani, Lusi (2017) ADAB INTERAKSI PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK PERSPEKTIF AL- QUR'AN SURAT AL- KAHF AYAT 60- 82. Undergraduate thesis, IAIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_LUSI_SURYANI_OK.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Sebagai makhluk sosial, manusia dalam kehidupannya membutuhkan hubungan atau interaksi dengan manusia lain. Salah satu dari interaksi tersebut dapat berupa interaksi edukatif yang berarti interaksi yang berlangsung dalam ikatan proses pendidikan. Pendidikan pada dasarnya merupakan interaksi antara pendidik dan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan yang berlangsung pada lingkungan tertentu. Di dalam al- Qur’an Allah SWT. juga banyak menjelaskan proses interaksi pendidik dan peserta didik dalam bentuk tersurat maupun tersirat, diantaranya yaitu kisah Nabi Musa as. dan hamba Allah yang shalih (Khidhr) di dalam surat al-Kahf 60- 82. Al- Qur’an menceritakan kisah tersebut dengan sangat indah, bagaimana interaksi seorang pendidik dan peserta didik dilakukan dengan baik agar proses pembelajaran efektif dan efisien, sehingga menghasilkan output yang baik. Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang masalah adab interaksi pendidik dan peserta didik perspektif al- Qur’an surat al- Kahf ayat 60- 82 dan bertujuan untuk mengetahui adab interaksi pendidik dan peserta didik dalam kisah tersebut, beserta relevansinya dengan pendidikan sekarang. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian pustaka (library research), dan penelitian ini bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik kepustakaan, serta teknik analisis datanya menggunakan metode content analysis untuk menggali kandungan Qs. al- Kahf ayat 60- 82 secara deskriptif. Setelah dilakukan kajian yang mendalam, diketahui terdapat adab interaksi peserta didik terhadap pendidik dalam Qs. al-Kahf ayat 60-82 yaitu belajar dengan niat ibadah karena Allah SWT, kesungguhan dan semangat yang kuat dalam menuntut ilmu, jujur dan bertanggung jawab, memperlihatkan keseriusan dengan ungkapan sopan dan tawadhu’, memposisikan diri sebagai seseorang yang membutuhkan ilmu, menghormati pendidik, menepati kontrak belajar yang sudah disepakati. Kemudian terdapat adab interaksi pendidik dengan peserta didik, yaitu seorang pendidik memiliki asisten, melakukan tes minat dan bakat, melakukan kontrak belajar dengan peserta didik, memberikan hukuman kepada peserta didik sesuai dengan pelanggaran yang telah dilakukan, menjelaskan suatu pelajaran secara bertahap, dan menjelaskan hikmah (pengetahuan irfani) dibalik fakta atau fenomena (pengetahuan empiri). Selanjutnya terdapat relevansi hasil penelitian dengan pendidikan sekarang yaitu adanya komponen interaksi pendidik dan peserta didik berupa tujuan pendidikan dan metode, ciri- ciri interaksi pendidik dan peserta didik, dan adanya pola interaksi antara pendidik dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 13 Mar 2017 01:53
Last Modified: 13 Mar 2017 01:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/325

Actions (login required)

View Item View Item