MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 01 MESIR ILIR WAY KANAN LAMPUNG

RENITA, AMIDIANTI (2024) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 01 MESIR ILIR WAY KANAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi RENITA AMIDIANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Fokus penelitian ini adalah Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 01 Mesir Ilir Way Kanan Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, 2) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, dan 3) untuk mengetahui evaluasi/penilaian hasil belajar di SDN 01 Mesir Ilir Way Kanan Lampung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan rancangan studi kasus, Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data adalah guru PAI, kepala sekolah, waka kurikulum. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yaitu sebagai penguji keabsahan data yang diperoleh dari berbagai sumber, metode dan waktu. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang ada di SDN 01 Mesir Ilir Way Kanan Lampung sudah memenuhi indikator yang penulis gunakan, hal ini dikarenakan perencanaan pembelajaran berupa RPP, Silabus dan perangkat perencanaan pembelajaran yang lainnya sudah tersedia. 2) Dalam Pelaksanaan Pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam mengajar sesuai dengan teori rusman yang peneliti gunakan, ada tiga tahapan kegiatan yaitu: a) melaksanakan tahap kegiatan pendahuluan. b) melaksanakan tahap kegiatan inti. c) melaksanakan tahap kegiatan penutup. 3) untuk evaluasi/penilaian hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam, guru SDN 01 Mesir Ilir Way Kanan Lampung menggunakan penilaian dengan berbagai cara, hal ini diperoleh dari teori rusman maupun dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan yang peneliti gunakan. Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam iii ABSTRACT Way Kanan Lampung. This research aims to describe: 1) to find out learning planning, 2) to know the implementation of learning, and 3) to find out the evaluation/assessment of learning outcomes at SDN 01 Egypt Ilir Way Kanan Lampung. This type of research is qualitative, with a case study design, data collection techniques using observation, interviews and documentation. Data sources are PAI teachers, school principals, head of curriculum. Checking the validity of the data is carried out by triangulation, namely as a test of the validity of data obtained from various sources, methods and times. From the research results it was obtained: 1) The learning planning for Islamic Religious Education at SDN 01 Egypt Ilir Way Kanan Lampung has met the indicators that the author used, this is because the learning planning in the form of lesson plans, syllabus and other learning planning tools are already available. 2) In implementing learning, Islamic Religious Education teachers teach according to the Rusman theory that researchers use, there are three stages of activities, namely: a) carrying out the preliminary activity stage. b) carry out the core activity stages. c) carry out the closing activity stage. 3) to evaluate/assess Islamic Religious Education learning outcomes, teachers at SDN 01 Egypt Ilir Way Kanan Lampung use assessment in various ways, this is obtained from Rusman's theory and from the Regulation of the Minister of Education and Culture of the Republic of Indonesia Number 23 of 2016 concerning Educational Assessment Standards. researchers use. Keywords: Islamic Religious Education Learning Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Feb 2024 04:25
Last Modified: 27 Feb 2024 07:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32499

Actions (login required)

View Item View Item