IMPLEMENTASI LAYANAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMAN 1 ABUNG TINGGI

MUHAMMAD, AFFAN AMAL (2024) IMPLEMENTASI LAYANAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMAN 1 ABUNG TINGGI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK AFFAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi merupakan suatu proses pelaksanaan atau penerapan ide, konsep, kebijakan, atau inovasi dalam suatu tindakan praktis sehingga memberikan dampak, baik berupa perubahan pengetahuan, keterampilan maupun nilai dan sikap. Layanan informasi merupakan layanan yangmemungkinkan individu untuk memperoleh pemahaman dari suatu informasi dan pengetahuan yang diperlukan sehingga dapat dipergunakan untuk mengenali dirisendiri dan lingkungan. Layanan informasi juga bermakna usaha-usaha untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan serta pemahaman tentang lingkungan hidupnya. Pemahaman karir merupakan tingkat kemampuan orang mengenai lingkungn karir yang dimulai melalui menekuni lingkungan pekerjaan yang pada akhirnya peserta didik bisa menciptakan sebuah pilihan karir yang cocok berdasarkan keahlian peserta didik itu sendiri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, penelitian yang bersumber pada kejadian alamiah di SMAN 1 ABUNG TINGGI. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan alamiah dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatkan bergagai metode yang ada berusaha untuk menemukan dan menggambarkan secara naratif kegiatan yang dilakukan dan dampak dari tindakan yang dilakukan terhadap kehidupan mereka. Berdasarkan hasil penelitian penerapan yang dilakukan Guru BK dalam meningkatkan pemahaman karir peserta didik dengan cara menggunakan layanan informasi dengan menggunakan tahapan perencanaan,tahap pelaksanaan,tahap kegiatan dan evaluasi. Diharapkan peserta didik merasa terbantu dalam menyelesaikan masalah yang dialaminya terlihat perubahan sikap dan tingkah laku peserta didik yang menunjukkan perbedaan yang lebih positif, ini terlihat dari hasil evaluasi setelah diberikan layanan bimbingan kelompok terhadap peserta didik dimana sebelum mengikuti kegiatan bimbingan kelompok peserta didik mulanya tidak yakin dengan kemampuan dan potensi dirinya ternyata bisa merubah perilaku dan pola pikir menjadi lebih baik, seperti yang awalnya peserta didik belum memikirkan perencanaan karir untuk ke jenjang berikutnya setelah mengikuti kegiatan menjadi lebih yakin dan berani untuk mempersiapkan suatu perencanaan diri untuk kedepannya, sehingga iii sangat membantu peserta didik agar dapat belajar dan mempersiapkan diri untuk berkembang secara maksimal. Kata Kunci : Implementasi, Layanan Informasi, Pemahaman Karir iv ABSTRACT Implementation is a process of implementing or implementing ideas, concepts, policies or innovations in practical action so that they have an impact, whether in the form of changes in knowledge, skills or values and attitudes. Information services are services that enable individuals to gain understanding of the necessary information and knowledge so that they can be used to understand themselves and the environment. Information services also mean efforts to equip students with knowledge and understanding of their living environment. Career understanding is the level of a person's ability regarding the career environment which begins through studying the work environment so that in the end students can create a suitable career choice based on the students' own skills. This research uses qualitative research with descriptive methods, research that originates from natural events at SMAN 1 ABUNG TINGGI. Qualitative research is research that uses nature with the aim of interpreting phenomena that occur and is carried out by involving various existing methods that try to discover and describe narratively the activities carried out and the impact of the actions taken on their lives. Based on the results of application research conducted by BK teachers in increasing students' career understanding by using information services using the planning stages, implementation stages, activity stages and evaluation. It is hoped that students will feel helped in solving the problems they are experiencing. It can be seen that changes in students' attitudes and behavior show more positive differences. This can be seen from the evaluation results after being given group guidance services to students, where before participating in group guidance activities, students were initially unsure about It turns out that their abilities and potential can change their behavior and thought patterns for the better, as initially students have not thought about career planning for the next level after participating in the activity, they become more confident and brave enough to prepare a self-plan for the future, so it really helps students to can learn and prepare themselves to develop optimally. Keywords : Implementation, Information Services, Career Understanding

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Feb 2024 03:01
Last Modified: 27 Feb 2024 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32497

Actions (login required)

View Item View Item