UPAYA GURU PAI MENANAMKAN NILAI- NILAI MODERASI BERAGAMA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMA 4 KOTABUMI

Puspita, Julionety (2024) UPAYA GURU PAI MENANAMKAN NILAI- NILAI MODERASI BERAGAMA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMA 4 KOTABUMI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL PUSPITA JULIONETY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pada Penelitian ini dilatarbelakangi kerena moderasi beragama saat ini masih marak di kalangan pendidikan termasuk pada sekolah jadi diperlukannya upaya guru PAI untuk menanamkan nilai-nilai moderasi beragama agar peserta didiknya tidak terjerumus kedalam intoleransi. Ideologi Negara Indonesia adalah Pancasila, yang selalu mengedepankan hidup rukun umat beragama. Bahkan dapat dikatakan Indonesia menjadi contoh Bangsa lain dalam keberhasilan mengelola keragaman budaya dan agamanya serta dianggap berhasil memposisikan secara harmoni bagaimana cara beragama dan bernegara. Dilanjutkan dengan menjelaskan tentang proses penanaman nilai-nilai pembelajaran PAI dan menganalis dampak atau hambatandari proses penanaman nilai-nilai moderasi beragama. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Deskripstif. Pelaksanaan penelitian ini di mulai pada bulan maret 2023 hingga Agustus 2023. Teknik pengumpulan data nya yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Keabsahan data berupa triangulasi metode. Teknik Analisis Data yang digunakan pada penelitian ini dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yang selama melakukan penelitian di SMA Negeri 4 kotabumi yaitu terdapat Upaya yang dapat dilakukan guru pendidikan agama dengan cara memberikan nasehat, memberikan contoh tauldan yang baik bagi siswanya, penyampaian materi didalam kelas, pembisaan diri, dispilin siswa, dan yang terakhir adalah dengan cara pemberian perhatian khusus kepada siswanya. Nilai-nilai moderasi beragama yang ditanamkan pada pembelajaran pai di SMA Negeri 4 kotabumi ada 4 nilai- nilai yaitu Toleransi, Tasamuh, Adil, Mutawanah. Proses penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran pai di SMA Negeri 4 kotabumi dengan cara melakukan hal-hal kecil, misalnya peduli terhadap sesama, menjag alingkungan, hidup jujur, dan melakukan sikap terpuji lainnya. Hambatan dalam menanamkan nilai�nilai moderasi beragama di SMA Negeri 4 kotabumi yaitu perbedaan aliran mazhab, fanatic, menonjolkan kelebihan keyakinannya. Untuk mengatasi berbagai hambatan yang terjadi ada solusi yang dilakukan guru PAI yaitu membatasi kegiatan agar tidak sulit dibenahi, peringatan agar tidak terlalu menonjolkan keyakinan yang dianut, memperingati agar tidak terlalu fanatik. Kata kunci :Moderasi Beragama , Pembelajaran PAI , Toleransi iii ABSTRACT This research is motivated by the fact that religious moderation is currently still widespread in educational circles, including in schools, so efforts by PAI teachers are needed to instill the values of religious moderation so that their students do not fall into intolerance. The ideology of the Indonesian state is Pancasila, which always prioritizes the harmonious living of religious communities. In fact, it could be said that Indonesia is an example of other nations in successfully managing its cultural and religious diversity and is considered successful in positioning in harmony how religion and the state are carried out. Continued by explaining the process of instilling PAI learning values and analyzing the impacts or obstacles of the process of instilling the values of religious moderation. This type of research uses a descriptive qualitative approach. The implementation of this research began in March 2023 to August 2023. The data collection technique used in this research used Observation, Interview, Documentation techniques. The validity of the data is in the form of method triangulation. Data analysis techniques used in this research include data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions The results of this research during research at SMA Negeri 4 Kotabumi are that there are efforts that religious education teachers can make by providing advice, providing good role models for their students, delivering material in class, self-cultivation, student discipline, and the last is by how to give special attention to students. There are 4 values of religious moderation that are instilled in pai learning at SMA Negeri 4 Kotabumi, namely Tolerance, Tasamuh, Fairness, Mutawanah. The process of instilling the values of religious moderation in pai learning in high schoolNegeri 4 Kotabumi by doing small things, for example caring for others, protecting the environment, living honestly, and carrying out other commendable attitudes. Obstacles in instilling the values of religious moderation in SMA Negeri 4 Kotabumi are differences in sects, fanatics, highlighting the superiority of their beliefs. To overcome the various obstacles that occur, there are solutions implemented by PAI teachers, namely limiting activities so that they are not difficult to correct, warning them not to emphasize their beliefs too much, warning them not to be too fanatical. Keywords : Religious Moderation, PAI Learning, Tolerance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Feb 2024 02:54
Last Modified: 27 Feb 2024 03:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32496

Actions (login required)

View Item View Item