T IN J A U A N F IQ H S IYĀS A H T E R H A D A P IM P L E M E N T A S I PERATURAN MENTERI PERHUBUNGAN NOMOR 32 TAHUN 2016 TENTANG PENYELENGGARAAN ANGKUTAN ORANG DENGAN KENDARAAN BERMOTOR UMUM TIDAK DALAM TRAYEK (Studi di Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung)

CINDY, MARSELA (2024) T IN J A U A N F IQ H S IYĀS A H T E R H A D A P IM P L E M E N T A S I PERATURAN MENTERI PERHUBUNGAN NOMOR 32 TAHUN 2016 TENTANG PENYELENGGARAAN ANGKUTAN ORANG DENGAN KENDARAAN BERMOTOR UMUM TIDAK DALAM TRAYEK (Studi di Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (18MB)
[thumbnail of SKRIPSI CINDY MARSELA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Angkutan umum merupakan salah satu sarana transportasi masyarakat yang sering digunakan oleh masyarakat. Tujuan utama keberadaan angkutan umum adalah menyelenggarakan pelayanan angkutan yang baik dan layak bagi masyarakat. Melihat banyaknya angkutan umum tidak dalam trayek yang terus beroperasional setiap harinya, seperti di Daerah Panjang Utara Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung. Terdapat angkutan umum yang masih beroperasi di jalan namun kendaraannya tidak memenuhi standar operasional, dalam hal ini yang terkait dengan angkutan umum tidak dalam trayek sebagaimana yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek untuk mengetahui faktor apa saja yang menghambat dalam mengatur angkutan umum agar berjalan sesuai dengan yang sudah ditentukan di Kota Bandar Lampung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah Bagaimana Implementasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek di Kota Bandar Lampung dan bagaimana Tinjauan Fiqh Siyāsah tentang Implementasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) di Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung untuk mendapatkan data yang relevan. Penelitian ini bersumber dari data primer yang diperoleh secara langsung dari lokasi objek penelitian melalui wawancara pada informan yang dianggap berkompeten, sedangkan data sekunder diperoleh melalui buku-buku, Al-Qur’an, Hadist, Peraturan Perundang-undangan, jurnal, literature lainnya yang berhubungan dengan topik penelitian tersebut. Metode analisis yang digunakan iv dalam penelitian ini adalah analisis data dengan cara kualitatif dengan metode berpikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Pertama, Dinas Perhubungan dalam menyelenggaraan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek di Kota Bandar Lampung masih belum berjalan, karena mereka masih belum mampu untuk menertibkan angkutan umum tanpa izin trayek di Kota Bandar Lampung disebabkan faktor yaitu Dinas Perhubungan belum melakukan peremajaan terhadap semua angkutan umum saat ini, dan angkutan umum yang melanggar masih diberikan toleransi sementara. Kedua ditinjau dari fiqh siyāsah terhadap Implementasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek dengan siyāsah tanfidẓiyah masih belum terlaksana dimana Dinas Perhubungan belum mampu menegakkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek dengan semestinya. Kata kunci: Fiqh Siyāsah, Penertiban, Perencanaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Feb 2024 02:45
Last Modified: 27 Feb 2024 02:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32495

Actions (login required)

View Item View Item