IMPLEMENTASI PASAL 18 HURUF (J) UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2017 TENTANG PEMILIHAN UMUM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH TANFIDZIYYAH (Studi di KPU Kota Bandar Lampung)

Sholehuddin, M. Nur Sholeh (2024) IMPLEMENTASI PASAL 18 HURUF (J) UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2017 TENTANG PEMILIHAN UMUM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH TANFIDZIYYAH (Studi di KPU Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 5, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI Sholehuddin.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Negara demokrasi ditandai dengan adanya proses pemilihan umum dalam pengisian jabatan pemerintahan. Proses pemilu tersebut salah satunya dilakukan oleh lembaga penyelenggara pemilu yang independen. Penyelenggaraan pemilu diatur dalam Undang- undang Nomor 7 tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum. Dalam Pasal 18 huruf (j) KPU wajib menyosialisasikan tahapan pemilu kepada masyarakat. Berdasarkan hal terebut rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Implementasi Pasal 18 huruf (j) Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu di KPU Bandar Lampung? dan (2) Bagaimana Perspektif Fiqh Siyasah Tanfidziyyah terhadap Implementasi Pasal 18 huruf (j) UU No. 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu di KPU Kota Bandar Lampung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pasal 18 huruf (j) UU No. 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu di KPU Bandar Lampung dan Perspektif Fiqh Siyasah Tanfidziyyah terhadap Implementasi Pasal 18 huruf (j) UU No. 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu di KPUBandar Lampung. Penelitian termasuk penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan normatif empiris, dalam hal ini dengan melihat fakta di lapangan terhadap bagaimana peran KPU Kota Bandar Lampung dalam mengimplementasikan undang- undang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari KPU Kota Bandar Lampung. Sedangkan data sekunder berupa teori-teori dan norma hukum serta data penunjang lainnya yang diperoleh dari kepustakaan, dokumentasi, serta artikel ilmiah. Penelitian ini menemukan bahwa, KPU Bandar Lampung mengimplementasikan Pasal 18 huruf (j) UU No.7 Tahun 2027 Tentang Pemilu dengan menyosialisasikan tahapan pemilu 2024 mengunakan berbagai langkah yaitu sosialisasi umum dengan louncing pemilu 2024, sosialisasi pemutakhiran data pemilih, sosialsiasi tata cara pencalonan, sosialisasi dan informasi kampanye, sosialisasi pemungutan dan penghitungan suara. iv Sedangkan metodenya dengan flier dan video dimedia sosial, pembuatan spanduk, kalender dan baliho, pembuatan spesimen surat suara. Perspektif fiqh siyasah tandfiziyah terhadap implementasi pasal 18 huruf (j) UU No. 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu yang dilakukan KPU Bandar Lampung sudah sejalan dengan fiqh siyasah karena dilakukan berdasarkan prinsip keadilan, jujur, musyawarah dan amanah. Siyasah tanfidziyyah adalah istilah yang berasal dari bahasa Arab. Siyasah dapat diterjemahkan sebagai politik atau kebijakan, sedangkan tanfid merujuk pada pelaksanaan atau implementasi. Sehingga, yang dilakukan KPU Bandar Lampung sudah sesuai, akan tetapi sosialisasi yang belum maksimal. Kata Kunci : KPU, Sosialisasi, Fiqh Siyasah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Feb 2024 08:26
Last Modified: 26 Feb 2024 08:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32493

Actions (login required)

View Item View Item