IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN DI TPQ PONDOK PESANTREN AL HIKMAH BANDAR LAMPUNG

SYARIFAH, NADYA (2024) IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN DI TPQ PONDOK PESANTREN AL HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Al Qur‟an merupakan pedoman dan petunjuk hidup bagi umat Islam, maka sebagai umat Islam hendaknya sejak dini sudah dapat belajar membaca dan memahami Al Qur‟an dengan baik dan benar sesuai dengan aturan atau kaidah membaca Al Qur‟an. Saat ini, adanya kemajuan dan teknologi yang berkembang sangat pesat selain membawa dampak positif juga membuat resah masyarakat. Karena, tak sedikit zaman sekarang anak-anak yang buta huruf dalam membaca Al Qur‟an.Penggunaan metode yang tepat oleh seorang guru dalam mengajarkan membaca Al Qur‟an maka akan memberikan pengaruh yang sangat besar pula terhadap efektifitas pembelajaran dan implikasinya terhadap kemampuan santri dalam membaca Al Qur‟an. Tanpa metode suatu pesan pembelajaran tidak akan berproses secara efektif ke arah yang ingin dicapai. Secara umum, permasalahan yang sering terjadi yaitu kelancaran dalam membaca al-Qur„an, pelafalan makhraj, tajwid dan lain sebagainya. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (Field research) yaitu penelitian yang memiliki fakta-fakta dan permasahan yang ada dilapangan, dalam hal ini penulis melakukan pendekatan yang bersifat kualitatif deskriptif. Penelitian lapangan ini dilakukan dengan meneliti objek secara langsung dilapangan supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan Conclusion atau penarikan kesimpulan. Sedangkan, pemeriksaan keabsahan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Subjek dari penelitian ini adalah santri TPQ Pondok Pesantren Al Hikmah Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi metode yanbu''a dalam kemampuan membaca Al Qur‟an di TPQ Pondok Pesantren Al Hikmah Bandar Lampung, 1) Perencanaan Pembelajaran Al Qur‟an Metode Yanbu‟a Di TPQ Pondok Pesantren Al Hikmah Bandar Lampung meliputi : Para Ustadz/Ustadzah mengadakan rapat guna menentukan perencanaan pembelajaran, Menentukan tujuan pembelajaran dan strategi yang akan digunakan dalam melakukan iii kegiatan pembelajaran, Melakukan pengklasifikasian kepada santri sesuai dengan kemampuan awal para santri. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Metode Yanbu‟a Dalam Pembelajaran Membaca Al Qur‟an Di TPQ Pondok Pesantren Al Hikmah Bandar Lampung meliputi : Kegiatan Pembukaan, Kegiatan Inti dan Kegiatan Penutup. 3) Evaluasi Metode Yanbu‟a Dalam Kemampuan Membaca Al Qur‟an Di TPQ Pondok Pesantren Al Hikmah Bandar Lampung meliputi : Evaluasi Harian, Evaluasi Kenaikan Jilid, Evaluasi Akhir Tahun, Evaluasi bagi para pembimbing, serta evaluasi kedisiplinan santri. Dalam pembelajaran Al Qur'an dengan menggunakan metode yanbu‟a, santri di TPQ Pondok Pesantren Al Hikmah Bandar Lampung dapat membaca Al Qur‟an dengan baik dan benar. Kata Kunci : Metode Yanbu’a, Kemampuan Membaca Al Qur’an iv ABSTRACT The Qur'an is a guide and guide to life for Muslims, so as Muslims we should be able to learn to read and understand the Qur'an properly and correctly from an early age in accordance with the rules or rules for reading the Qur'an. Currently, progress and technology are developing very rapidly, apart from having a positive impact, it is also making people anxious. Because, nowadays there are quite a few children who are illiterate in reading the Qur'an. The use of appropriate methods by a teacher in teaching reading the Qur'an will also have a very big influence on the effectiveness of learning and its implications for the students' ability in learning. Reciting Al-Qur'an. Without a method, a learning message will not proceed effectively in the direction it wants to be achieved. In general, the problems that often occur are fluency in reading the Qur’an, pronunciation of makhraj, recitation and so on. The type of research that the author conducted was field research, namely research that contains facts and problems that exist in the field, in this case the author took a descriptive qualitative approach. This field research is carried out by examining objects directly in the field in order to get maximum results. Researchers use data collection techniques with observation, interviews and documentation methods and data analysis techniques are carried out by collecting data, reducing data, presenting data and concluding or drawing conclusions. Meanwhile, checking the validity of the data in this research was by using source triangulation and technical triangulation. The subjects of this research were students of the TPQ Islamic Boarding School Al Hikmah Bandar Lampung. The results of this research indicate that the implementation of the Yanbu'a method in the ability to read the Qur'an at TPQ Al Hikmah Islamic Boarding School in Bandar Lampung, 1) Yanbu'a Method Al Qur'an Learning Planning at TPQ Al Hikmah Islamic Boarding School in Bandar Lampung includes: The Ustadz/Ustadzah hold meetings to determine learning plans, Determine learning objectives and strategies that v will be used in carrying out learning activities, Classify students according to the students' initial abilities. 2) Implementation of the Yanbu'a Method of Learning in Learning to Read the Qur'an at TPQ Al Hikmah Islamic Boarding School in Bandar Lampung includes: Opening Activities, Core Activities and Closing Activities. 3) Evaluation of the Yanbu'a Method in the Ability to Read the Qur'an at TPQ Al Hikmah Islamic Boarding School in Bandar Lampung including: Daily Evaluation, Volume Increase Evaluation, End of Year Evaluation, evaluation of supervisors, as well as evaluation of student discipline. In learning the Qur'an using the yanbu'a method, students at TPQ Pondok Pesantren Al Hikmah Bandar Lampung can read the Qur'an well and correctly. Keywords: Yanbu'a Method, Ability to Read the Qur'an

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Feb 2024 08:13
Last Modified: 26 Feb 2024 09:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32492

Actions (login required)

View Item View Item