ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 4 PERATURAN GUBERNUR LAMPUNG NOMOR 55 TAHUN 2021 TENTANG PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM UPAYA PENCEGAHAN PERKAWINAN PADA USIA ANAK (Studi di dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung)

ALI, MUDDIN PARAPAT (2024) ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 4 PERATURAN GUBERNUR LAMPUNG NOMOR 55 TAHUN 2021 TENTANG PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM UPAYA PENCEGAHAN PERKAWINAN PADA USIA ANAK (Studi di dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perkawinan Pada Usia Anak merupakan perkawinan yang dilakukan oleh seorang laki-laki dan seorang perempuan dimana umur keduanya masih dibawah batas minimum yang diatur oleh Undang-Undang dan kedua calon mempelai tersebut belum siap secara lahir maupun batin, serta kedua calon mempelai tersebut belum mempunyai mental yang matang dan juga ada kemungkinan belum siap dalam hal materil. Dalam penelitian ini masalah yang dikaji adalah bagaimana implementasi Pasal 4 Peraturan Gubernur Lampung Nomor 55 Tahun 2021 Tentang Peran Pemerintah Daerah Dalam Upaya Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak dan bagaimana Analisis Fiqh Siyasah Terhadap Implementasi Pasal 4 Peraturan Gubernur Lampung Nomor 55 Tahun 2021 tentang Peran Pemerintah Daerah Dalam Upaya Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak.Tujuan Penelitian ini yaitu untuk menganalisis Implementasi Pasal 4 Peraturan Gubernur Lampung Nomor 55 Tahun 2021 tentang Peran Pemerintah Daerah Dalam Upaya Pencegahan Perkawinan Pada Usia dan Untuk menganalisis Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Implementasi Pasal 4 Peraturan Gubernur Lampung Nomor 55 Tahun 2021 tentang Peran Pemerintah Daerah Dalam Upaya Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan sifat penelitian deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, metode pengelolaan data menggunakan pemeriksaan data (editing) dan sistemasi data (sistemating). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Implementasi Pasal 4 Peraturan Gubernur Lampung Nomor 55 Tahun 2021 tentang Peran Pemerintah Daerah Dalam Upaya Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung belum maksimal,hal ini dapat dilihat dari masih banyak data Dispensasi Kawin yang iii semakin meningkat setiap tahunnya dan hal ini dikarenakan masih banyak daerah-daerah di provinsi Lampung yang belum mengetahui adanya Peraturan Gubernur Lampung Nomor 55 Tahun 2021 tentang Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak. Dan berdasarkan pandangan Siyasah Tanfidziyyah PPPA Provinsi Lampung sudah menjalankan tugasnya tentang Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak dan sudah terlaksana meskipun belum maksimal dan hal ini sesuai dengan Siyasah Tanfidziyyah yang merupakan pelaksanaan dari Perundang-undangan. Kata Kunci : Fiqh Siyasah, Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Feb 2024 07:23
Last Modified: 26 Feb 2024 07:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32487

Actions (login required)

View Item View Item