PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD/MI

ANNA, SUNDARI ANDARINI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ANNA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Media pembelajaran audio visual merupakan sarana untuk mempermudah kegiatan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran audio visual berbasis contextual teaching learning (CTL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta diidk pada materi pengukuran sudut dan pecahan. Mengetahui kelayakan media pembelajaran dan mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran tersebut. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 2 Jatimulyo dan MIN 6 Lampung Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Validasi produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa dengan metode pengumpulan data berupa angket penilaian untuk menguji kelayakan produk. Uji kemenarikan dilakukan pada skala kecil dan skala besar, kemudian uji kemenarikan oleh pendidik. Pegembangan penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata 93% dengan kategori “Sangat Layak”, Hasil validasi materi 89,9% dengan kategori “Sangat Layak”, dan Hasil validasi ahli bahasa 92,5% dengan kategori “Sangat Layak” (2) hasil uji coba media pembelajaran skala kecil memperoleh rata-rata 87% dengan kategori “Sangat Baik”, hasil uji coba media pembelajaran skala besar memperoleh rata-rata 92% dengan kategori “Sangat Baik”, hasil uji kemenarikan oleh pendidik memperoleh rata-rata 96,1% dengan kategori “Sangat Baik”. Media pembelajaran audio visual berbasis contextual teaching learning (CTL) layak dipergunakan dan dapat dipergunakan sebagai sumber belajar. Hasil uji pemahaman konsep peserta didik skala kecil memperoleh rata-rata nilai sebesar 0,64 dengan kategori “Sedang”, hasil dari tingkat pemahaman konsep matematika peserta didik skala besar memperoleh rata-rata nilai sebesar 0,71 dengan kategori “Tinggi”. Sehingga media pembelajaran audio visual berbasis contextual teaching learning (CTL) dapat dipergunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika. Kata Kunci : Contextual Teaching Learning, Pemahaman Konsep Matematika iii ABSTRACT Audio visual learning media is a means to facilitate the learning process activities. This research aims to find out how to develop contextual teaching learning (CTL)-based audio visual learning media for students' ability to understand mathematical concepts in measuring angles and fractions. Knowing the suitability of learning media and knowing students' responses to these learning media. This research and development uses the research and development (R&D) method with the ADDIE development model. The respondents in this research were class IV students at SDN 2 Jatimulyo and MIN 6 South Lampung. Data collection techniques use questionnaires, tests and documentation. Product validation is carried out by media experts, material experts and language experts using data collection methods in the form of assessment questionnaires to test product suitability. The attractiveness test is carried out on a small scale and large scale, then the attractiveness test is carried out by educators. The development of this research obtained the conclusions (1) The media expert validation results obtained an average of 93% in the "Very Eligible" category, the material validation results were 89.9% in the "Very Eligible" category, and the language expert validation results were 92.5% with the "Very Appropriate" category (2) the results of small-scale learning media trials obtained an average of 87% with the "Very Good" category, the results of large-scale learning media trials obtained an average of 92% with the "Very Good" category, the results The attractiveness test by educators obtained an average of 96.1% in the "Very Good" category. Audio visual learning media based on contextual teaching learning (CTL) is suitable for use and can be used as a learning resource. The results of the concept understanding test for small-scale students obtained an average score of 0.64 in the medium category, the results of the level of understanding of mathematical concepts for large-scale students obtained an average score of 0.71 in the "High" category. So that audio visual learning media based on contextual teaching learning (CTL) can be used to improve the ability to understand mathematical concepts. Keywords: Contextual Teaching Learning, Understand Mathematical Concepts.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Feb 2024 06:46
Last Modified: 26 Feb 2024 08:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32481

Actions (login required)

View Item View Item