PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN PADA PERKEMBANGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HIP HOP BANDAR LAMPUNG

FITRI, EKASARI (2024) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN PADA PERKEMBANGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HIP HOP BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI FITRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Bermain peran adalah kegiatan memerankan tokoh-tokoh atau benda-benda di sekitar anak dengan tujuan untuk mengembangkan daya imajinasi dan penghayatan terhadap bahan pembelajaran yang dilaksanakannya. Cara memberikan pengalaman kepada anak melalui bermain peran dengan memperagakan suatu kegiatan secara singkat dan tekanan utama pada karakter atau sifat orang . Melalui bermain peran anak mencoba mengeksplorasi hubungan-hubungan antar manusia dengan cara memperagakan dan mendiskusikannya sehingga secara bersama-sama anak dapat mengeksplorasi perasaan, sikap, nilai-nilai dan berbagai strategi pemecah masalah. Berdasarkan latar belakang masalah maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode bermain peran pada perkembangan kemampuan komunikasi anak usia 5-6 tahun di TK Hip Hop Bandar Lampung? Penelitian bertujuan untuk untuk mengetahui penggunaan metode bermain peran pada perkembangan kemampuan komunikasi anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak Kanak Hip Hop Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelompok B1 Taman Kanak Kanak Hip Hop Bandar Lampung yang berjumlah 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini yang telah dilakukan di Taman Kanak Kanak Hip Hop Bandar Lampung yaitu didapatkan hasil bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan perkembangan kemampuan komuniksi anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak Kanak Hip Hop Bandar Lampung, hal ini dapat dibuktikannya dari adanya peningkatan perkembangan kemampuan komunikasi anak pada setiap siklusnya. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu apabila 75% anak di kelompok B1 Taman Kanak Kanak Hip Hop Bandar Lampung kemampuan komunikasi dapat berkembang sangat baik dan dapat tercapai. Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Kemampuan Komunikasi, Anak Usia Dini iv ABSTRACT Role playing is the activity of acting out characters or objects around children with the aim of developing imagination and appreciation for the learning material they are implementing. How to provide experience to children through role playing by demonstrating an activity briefly and the main emphasis is on the character or nature of the person. Through role playing, children try to explore relationships between humans by demonstrating and discussing them so that together children can explore feelings, attitudes, values and various problem-solving strategies. Based on the background of the problem, the problem formulation in this research is How to apply the role playing method to the development of communication skills in children aged 5-6 years in Bandar Lampung Hip Hop Kindergarten? The research aims to determine the use of role playing methods in the development of communication skills in children aged 5-6 years at the Bandar Lampung Hip Hop Kindergarten. The research method used is Classroom Action Research. The subjects in this research were all students in group B1 of Bandar Lampung Hip Hop Kindergarten, totaling 15 students. The data collection techniques used were interview, documentation and observation techniques Based on the results of the analysis in this research which was carried out at the Bandar Lampung Hip Hop Kindergarten, the results showed that the use of role playing methods can improve the development of communication skills in children aged 5-6 years at the Bandar Lampung Hip Hop Kindergarten, this can be proven from there is an increase in the development of children's communication skills in each cycle. The indicator of success determined is if 75% of students in Group B1 Hip Hop Kindergarten Bandar Lampung have communication skills that can develop very well and can be achieved. Keywords: Role Playing Method, Communication Skills, Early Childhood

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:03
Last Modified: 26 Feb 2024 04:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32476

Actions (login required)

View Item View Item