PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF CHATBOT UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA

REKHA, AZHRA FAUZA (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF CHATBOT UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI REKHA AZHRA FAUZA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF CHATBOT UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA Oleh REKHA AZHRA FAUZA Konsep adalah salah satu hal yang penting dipahami oleh peserta didik dengan sesuai dengan konsep yang dikemukakan oleh para ahli. Namun terdapat peserta didik yang memiliki pemahaman yang berbeda dengan konsep ahli. Hal tersebut dinamakan miskonsepsi. Perbedaan penafsiran konsep dan keterbatasan alat media pembelajaran menjadi salah satu alasan miskonsepsi terjadi. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan multimedia interaktif chatbot untuk mengatasi miskonsepsi peserta didik kelas XI pada materi sistem gerak manusia. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dan menggunakan metode ADDIE. Data dikumpulkan dengan instrumen penelitian berupa angket validasi ahli yaitu media, bahasa, dan materi, tes diagnostik four tier dan angket respon dengan jumlah responden 30 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian multimedia interaktif chatbot dikatakan “Sangat Layak” untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal tersebut diketahui presentase rata-rata validator ahli materi sebesar 90%, ahli bahasa sebesar 90%, dan validator ahli media sebesar 92,5%. Sedangkan respon peserta didik mendapatkan hasil “Sangat Layak”. Kemudian pada nilai keefektifan multimedia interaktif chatbot dapat dilihat dari rata-rata nilai N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,24 sedangkan pada kelas eskperimen sebesar 0,48. Selain itu presentase tingkat miskonsepsi peserta didik pada pada hasil postest kelas eksperimen dengan nilai 15% lebih rendah dibandingkan dengan kelas kontrol dengan nilai 22,1%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif chatbot efektif dalam mengatasi miskonsepsi pada materi sistem gerak manusia kelas XI di SMA Perintis 2 Bandar Lampung. iv Kata Kunci: Chatbot, Miskonsepsi, Multimedia Interaktif, Sistem Gerak Manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:16
Last Modified: 23 Feb 2024 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32466

Actions (login required)

View Item View Item