IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DI MTs AL – HIKMAH BANDAR LAMPUNG

Diajeng, Ayu Wulan Saputri (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DI MTs AL – HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SIAJENG AYU WULAN SAPUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perpustakaan sebagai pusat sumber daya informasi menjadi tulang punggung gerak majunya suatu institusi, terutama institusi pendidikan, tempat tuntunan untuk adaptasi terhadap perkembangan informasi sangat tinggi. Keberadaan perpustakaan mendorong terwujudnya cita- cita yang diamanatkan Undang-undang Dasar tahun 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Perpustakaan sekolah di Mts Al-Hikmah Bandar Lampung adalah sebuah tempat penunjang kegiatan belajar mengajar dalam mencari sumber informasi dan sarana rekreasi baca siswa-siswi dilingkungan sekolah. Dalam perjalanannya diera semakin maju perpustakaan MTs Al-Hikmah Bandar Lampung selalu mengalami dinamika perubahan pembenahan perpustakaan baik dari segi fisik perpustakaan maupun program-program kerja. Visi Perpustakaan sebagai pusat keilmuan yang memberikan layanan informasi yang bermanfaat untuk menunjang proses kegiatan belajar mengajar di MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Dalam menyelenggarakan pendidikan yang unggul dalam prestasi, berdaya saing berdasarkan iman dan taqwa. Misi mewujudkan perpustakaan yang nyaman dan lengkap sesuai kebutuhan peserta didik dan memberikan layanan pustaka secara maksimal kepada warga sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengimplementasian manajemen perpustakaan di MTs Al- Hikmah Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus, dalam hal ini mengamati Implementasi Manajemen perpustakaan di MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, kepala perpustakaan, pustakawati dan siswa di MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Data sekunder berupa data teoritis, data dokumentasi dan data pendukung lainnya yang diperoleh dari dokumen sekolah . Uji keabasahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen perpustakaan sudah berjalan dengan baik, dengan penjabaran sebagai berikut : 1) Proses perencanaan dalam pengadaan buku atau bahan pustaka setiap semester, buku- buku yang sudah rusak diganti dengan yang baru, atau buku yang penerbitannya sudah lama, nanti diganti menyesusaikan dengan kebutuhan. 2) Sarana dan iii prasarana di perpustakaan ini sudah cukup lengkap, Dalam hasil penelitian dan paparan data menunjukkan mulai dari Rak Buku, Meja Baca (Lesehan), Ambal, Lemari Katalog, Meja Sirkulasi, Komputer Sirkulasi, printer, Meja Layanan, Wifi Perpustakaan, Lemari Display Buku Baru, Lemari Buku Konten Lokal,Jam Dinding, dan Pendingin Ruangan (AC). Sarana Perpustakaan MTs Al-Hikmah Bandar Lampung yang telah disebutkan tersebut, apabila dikaitkan dengan Standar Nasional Perpustakaan Nomor 008 Tahun2011 yang mengatur tentang perpustakaan Sekolah Menengah Pertama/Tsanawiyah; 3) Sistem layanan di perpustakan ini adalah layanan terbuka, Layanan sirkulasi absensi siswa yg berkunjung, pelayanan peminjaman dan pengembalian buku, memperpanjang masa peminjaman buku, registrasi anggota baru sedangkan layanan referensi adalah siswa bertanya langsung pada petugas perpustakaan, kemudian petugas perpustakaan melakukan penelusuran bahan pustaka yang dibutuhkan ; 4) Kegiatan administrasi di perpustakaan ini tersusun secara sistematis, jadwal kunjungan, absensi pengunjung perpustakaan, mendata pinjaman dan pengembalian buku serta pendataan bahan pustaka mana yang masih bagus dan sudah rusak, serta pegajuan pengadaan bahan pustaka; 5) kegiatan sosialisasi atau promosi perpustakaan, pihak sekolah memberikan hadiah kepada siswa yang sering bekunjung atau meminjam buku di perpustakaan, Dari pihak perpustakaan sendiri rencananya akan mengadakan lomba mengarang puisi pada saat hari hari besar. Kata Kunci : Implementasi, Manajemen perpustakaan iv ABSTRACT The library as a center of information resources is the backbone of the progress of an institution, especially educational institutions, where the guidance for adaptation to information development is very high. The existence of the library encourages the realization of the ideals mandated by the 1945 Constitution, namely educating the nation's life. The school library at Mts Al-Hikmah Bandar Lampung is a place to support teaching and learning activities in finding information sources and recreational facilities for reading students in the school environment. In its journey in the increasingly advanced era, the MTs Al-Hikmah Bandar Lampung library has always experienced dynamic changes in library improvement, both in terms of physical library and work programs. The vision of the Library as a scientific center that provides useful information services to support the process of teaching and learning activities at MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. In organizing education that excels in achievement, competitiveness based on faith and piety. The mission is to create a comfortable and complete library according to the needs of students and provide maximum library services to school residents. The purpose of this study is to find out how to implement library management in MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. This research uses a qualitative descriptive method, using a case study approach, in this case observing the Implementation of Library Management at MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. This study used data collection techniques by means of interviews, observation, and documentation. The primary data in this study are the head of the madrasah, the head of the library, the librarian and students at MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Secondary data in the form of theoretical data, documentation data and other supporting data obtained from school documents. Data wetness tests are performed by source triangulation. Data analysis in this study uses data reduction, data presentation, and conclusions. The results of this study show that the implementation of library management has been running well, with the following description: 1) The planning process in procuring books or library materials every semester, books that have been damaged are replaced with new ones, or books whose publications have been old, will be replaced according to needs. 2) The facilities and infrastructure in this library are quite complete,and the results of research and data exposure show starting from Bookshelves, Reading Desks (Lesehan, Ambal, Catalog Cabinets, Circulation Desks, Circulation Computers, printers, Service v Desks, Library Wifi, New Book Display Cabinets, Local Content Book Cabinets, Wall Clocks, and Air Conditioners (AC). MTs Al�Hikmah Bandar Lampung Library Facilities that have been mentioned, when related to the National Library Standard Number 008 of 2011 which regulates the Junior High School / Tsanawiyah library; 3) The service system in this library is an open service, attendance circulation service for visiting students, book borrowing and returning services, extending the book loan period, registering new members while the reference service is for students to ask directly to the librarian, then the librarian searches for the required library materials; 4) Administrative activities in this library are arranged systematically, visit schedules, attendance of library visitors, recording loans and returns of books and data collection of which library materials are still good and damaged, as well as procurement of library materials; 5) library socialization or promotion activities, the school gives gifts to students who often visit or borrow books in the library, From the library itself plans to hold a poetry writing competition on the big day. Keywords: Implementation, Library management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Feb 2024 06:36
Last Modified: 21 Feb 2024 06:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32448

Actions (login required)

View Item View Item