PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN STRATEGI AIR TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS DAN PENALARAN MATEMATIS

RESTU, SUANDANI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN STRATEGI AIR TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS DAN PENALARAN MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Restu Suandani BAB 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Restu Suandani Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan analisis dan penalaran matematis merupakan kemampuan yang sangat penting yang harus dimiliki oleh peserta didik. Pada penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan analisis dan penalaran matematis peserta didik masih rendah, hal ini dapat diketahui melalui hasil wawancara dan hasil pra penelitian yang dilakukan penulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Blended Learning dengan strategi AIR terhadap kemampuan analisis dan penalaran matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, metode yang digunakan adalah Quasi Eksperiment Design. Popolasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri 7 Tulang Bawang Barat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan wawancara, tes dan dokumentasi. Pada penelitian ini analisis data menggunakan uji MANOVA dengan signifikansi . Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan bantuan Microsoft Excel dan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil perhitungan uji multivariate tests yang telah dilakukan, maka hasil yang didapatkan pada hipotesis pertama diperoleh nilai signifikansi sehingga ditolak dan diterima. Hipotesis kedua diperoleh signifikansi sehingga ditolak dan diterima. Hipotesis ketiga diperoleh signifiansi sehingga ditolak dan diterima. Hal tersebut menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Blended Learning menggunakan Strategi AIR (Audirory Intellectually Repetition) dengan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan analisis matematis. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Blended Learning menggunakan Strategi AIR (Audirory Intellectually Repetition) dengan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan penalaran matematis. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Blended Learning menggunakan Strategi AIR (Audirory Intellectually Repetition) dengan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan analisis dan penalaran matematis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Blended Learning menggunakan Strategi AIR (Audirory Intellectually Repetition) dengan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan analisis dan penalaran matematis peserta didik Kata kunci: Model pembelajaran Blended Learning, Strategi AIR (Auditory Intellectually Repetition), Kemampuan Analisis Matematis, Kemampuan Penalaran Matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Feb 2024 06:31
Last Modified: 21 Feb 2024 06:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32447

Actions (login required)

View Item View Item