TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG JUAL BELI TANAH PEMAKAMAN (Studi di Lingkungan Sinar Semendo Kelurahan Labuhan Dalam Bandar Lampung)

SITI, RARA NURHAYANI (2024) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG JUAL BELI TANAH PEMAKAMAN (Studi di Lingkungan Sinar Semendo Kelurahan Labuhan Dalam Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI SITI RARA NURHAYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli salam disebut juga dengan jual beli dengan pembayaran dimuka. Dikatakan salam karena ia menyerahkan uangnya terlebih dahulu sebelum menerima barang tersebut. Di lingkungan Sinar Semendo Kelurahan Labuhan Dalam Bandar Lampung terdapat tempat pemakaman yang diperjualbelikan oleh pengurus rukun kematian untuk mempermudah pihak keluarga yang meninggal dunia. Pihak keluarga harus membayar lahan pemakaman yang suduh ditentukan oleh pihak pengurus rukun kematian. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan jual beli tanah pemakaman yang ada di Lingkungan Sinar Semendo Kelurahan Labuhan Dalam Bandar Lampung dan Bagaimana tinjauan hukum Islam tentang jual beli tanah pemakaman di Lingkungan Sinar Semendo Kelurahan Labuhan Dalam Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui praktik dalam jual beli tanah pemakaman di Lingkungan Sinar Semendo Kelurahan Labuhan Dalam Bandar Lampung dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam tentang praktik jual beli tanah pemakaman di Lingkungan Sinar Semendo Kelurahan Labuhan Dalam Bandar Lampung. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dalam penilitian ini menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penilitian ini adalah metode analisis kualitatif dengan metode berfikir yang digunakan yaitu metode induktif. Hasil dari penelitian ini yaitu pembelian tanah pemakaman yang dilakukan secara cash dan angsuran yang harus dibayarkan sebesar Rp.500.000 dan uang tambahan sebesar Rp.100.000 dibayarkan setelah pelunasan untuk perkepala keluarga, keluarga yang membeli tanah makam memiliki jumlah orang yang berbeda-beda dalam satu keluarga, tidak adanya perbedaan pembayaran setiap kartu keluarga ini dalam hukum islam tidak memenuhi syarat hukum jual beli yang mana barang tersebut hendaklah jelas ukurannya, takarannya, ataupun bilangannya. Kata Kunci: Salam, Tanah Pemakaman,Jual Beli, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Feb 2024 04:34
Last Modified: 21 Feb 2024 04:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32445

Actions (login required)

View Item View Item