PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA TANGRAM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KELAS IV SDN 1 GUNUNG SARI TANGGAMUS

TAUFIK, KUROHMAN (2024) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA TANGRAM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KELAS IV SDN 1 GUNUNG SARI TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI TAUFIK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemecahan masalah SDN 1 Gunung Sari, Kabupaten Tanggamus. Permasalahan tersebut disebebkan kurangnya media dan sumber belajar yang mendukung terlaksananya proses belajar matematika, peserta didik kurang kondusif dimana kurang kondusifnya berada diluar konteks pembelajaran seperti bermain dengan teman sehingga mengandalkan teman lainnya dalam mengerjakan tugas. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa peserta didik belum memiliki dorongan untuk belajar secara mandiri dalam memahami materi dan belum bertanggungjawab pada materi yang diajarkan. Dalam mengatasi permasalahan ini peneliti menggunakan metode problem solving dengan berbantuan media tangram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode problem solving berbantuan media tangram terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SDN 1 Gunung Sari, Kabupaten Tanggamus. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode Quasy Eksperimental, dimana penelitian ini mempunyai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian Quasy Eksperimen adalah penelitian dengan pembentukan dua kelompok pembanding dengan menggunakan rancangan sample jenuh. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Pada desain ini terdapat pretest dan posttest untuk kelompok eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari hasil uji hipotesis yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dan kontrol, maka didapatkan hasil Sig = 0,000376 < α = 0,05 yang berarti H0 ditolak, dan H1 diterima. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode problem solving berbantuan media tangram terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, dibandingkan dengan menggunakan metode inkuiri berbantuan media gambar pada siswa kelas IV SDN 1 Gunung Sari, Kabupaten Tanggamus. Kata Kunci: Metode Problem Solving, Media Tangram, Kemampuan Pemecahan Masalah.ABSTRACT This research was motivated by the low problem-solving ability of SDN 1 Gunung Sari, Tanggamus Regency. This problem is caused by a lack of media and learning resources that support the implementation of the mathematics learning process, students are less conducive to being outside the learning context, such as playing with friends, so they rely on other friends to do their assignments. Thus, this shows that students do not have the encouragement to learn independently in understanding the material and are not yet responsible for the material being taught. In overcoming this problem, researchers used a problem solving method with the help of tangram media. The aim of this research is to determine the effect of using the problem solving method assisted by tangram media on the problem solving abilities of class IV students at SDN 1 Gunung Sari, Tanggamus Regency. This research method uses quantitative methods. The type of research used is the Quasy Experimental method, where this research has a control group and an experimental group. Quasy Experimental Research is research by forming two comparison groups using a saturated sample design. The research design used was a pretest-posttest control group design. In this design there is a pretest and posttest for the experimental and control groups. Based on the results of data analysis obtained from the results of hypothesis testing that was carried out in the experimental and control classes, the results obtained were Sig = 0.000376 < α = 0.05, which means H0 was rejected, and H1 was accepted. Based on the hypothesis test calculations, it can be concluded that there is an influence of using the problem solving method assisted by tangram media on students' problem solving abilities, compared to using the inquiry method assisested by picture for class IV students at SDN 1 Gunung Sari, Tanggamus Regency. Keywords: Problem Solving Method, Tangram Media, Problem Solving Ability.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:28
Last Modified: 21 Feb 2024 04:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32439

Actions (login required)

View Item View Item